Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 7, No 1 (2020): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD NEGERI PEUREUMEUE KECAMATAN KAWAY XVI

Mira Safrida (Unknown)
Agus Kistian (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2020

Abstract

ABSTRAK : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA kelas V SD Negeri Peureumeue Kecamatan Kaway XVI. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas V SD Negeri Peureumeue sebanyak 18 (delapan belas) siswa, terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data : observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri Peureumeue. Peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 44,44% menunjukkan adanya peningkatan namun belum mencapai indikator yang ditentukan karena masih berada pada kriteria tidak baik dan pada siklus II sebesar 94,44% berada pada kriteria baik. Jadi kesimpulan  pembahasan adalah penerapan model Problem Based Learning (PBL) memiliki dampak positif terhadap hasil belajar siswa, hal ini dapat kita lihat dari nilai siswa yang semakin meningkat setelah diterapkannya model Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran IPA materi Pembuatan Makanan Pada Tumbuhan Hijau. Kata Kunci : Penerapan model Problem Based Learning (PBL), Pelajaran IPA, Hasil Belajar

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Other

Description

Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sekolah Dasar merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan Biologi dan tebit 2 kali dalam setahun (Maret ...