Equals : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 2 No 1 (2019): EQUALS

Efektivitas Media Pembelajaran Matematika Berbasis Mobile Learning dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa

A. Muhajir Nasir (Universitas Muslim Maros)
Nirfayanti Nirfayanti (Universitas Muslim Maros)



Article Info

Publish Date
04 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis mobile learning terhadap motivasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muslim Maros. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dengan subjek penelitiannya adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika yang sedang menempuh mata kuliah geometri dasar pada semester genap 2018/2019. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Data dikumpulkan melalui tes dan angket motivasi. Analisis data awal digunakan untuk memeriksa normalitas data. Analisis akhir menggunakan uji one sample t-test dan uji n-gain ternormalisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata gain ternormalisasi motivasi belajar matematika mahasiswa berada pada kategori sedang dan terdapat peningkatan motivasi belajar mahasiswa setelah diajar dengan menerapkan penggunaan mobile learning dalam pembelajaran geometri dasar.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

equals

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Mathematics

Description

Jurnal Equals: Jurnal ilmiah Pendidikan Matematika, memuat artikel berupa hasil pemikiran, studi pustaka atau penelitian yang berkaitan dengan perkembangan bidang ilmu pendidikan matematika dan belum pernah diterbitkan dalam jurnal lain. ...