J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 2, No 1 (2020): J-PiMat

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI BILANGAN PECAHAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI

Littesy Yeristika Ersi (STKIP Persada Khatulistiwa)
Imanuel Sairo Awang (STKIP Persada Khatulistiwa)
Beni Setiawan (STKIP Persada Khatulistiwa)



Article Info

Publish Date
06 May 2020

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi bilangan pecahan menggunakan metode demonstrasi pada siswa kelas IV SD Negeri 11 Nanga Lemetak. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan bentuk penelitian yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dan melalui empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 11 Nanga Lemetak dengan jumlah siswa sebanyak 21 orang. Alat pengumpul data yaitu lembar observasi, soal tes, wawancara dan dokumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Aktivitas belajar siswa siklus I dengan persentase 66,19% meningkat 11,42% menjadi 77,61% (kategori sangat baik) di siklus II; (2) ketuntasan klasikal hasil belajar siswa meningkat sebesar 19,05% dari siklus I sebesar 71,42% (kategori baik)  menjadi 90.47% (kategori sangat baik)pada siklus II; serta (3) respon belajar siswa terhadap penerapan metode demonstrasi sangat baik, siswa lebih tertarik dan fokus mengikuti proses pembelajaran. Berdasarkan hasil tes dapat disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran matematika khususnya materi bilangan pecahan kelas IV SDN 11 Nanga Lemetak dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bilangan pecahan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpimat

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Journal of Mathematics Education (J-PiMat) (e-ISSN: 2684-7981) is a scientific journal that publishes scientific articles from research, literature studies, ideas, theoretical applications, critical analysis studies, and class action studies in the science of Mathematics Education. J-PiMat publishes ...