Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS
Vol 5, No 2 (2019): JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT IPTEKS

KOMPETENSI LITERASI INFOMASI GURU PAUD DI ERA 4.0: ANTARA TUNTUTAN DAN REALITAS

Amilia, Fitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2019

Abstract

Guru di era 4.0 berarti guru di era revolusi industry. Revolusi industri ditandai dengan kecepatan akses informasi digital. Dari kondisi ini, tuntutan menjadi guru di era 4.0 diharuskan memiliki kompetensi literasi informasi digital. Literasi tersebut ditandai dengan kemampuan mengolah dan mencari data secara digital. Namun, tuntutan tersebut tidak berjalan mulus dengan realitas yang ada. Masih banyak guru yang belum memiliki literasi informasi digital, terutama guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).  Hal tersebut menjadi data awal sebagai dasar pelaksanaan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PPM). PPM ini dilakukan pada guru PAUD yang tergabung dalam organisasi Pusat Kegiatan Gugus (PKG). Materi PPM meliputi penggunaan email secara efektif, penggunaan google drive, pencarian informasi teknologi dengan tepat. Meski belum menunjukkan perubahan yang signifikan setelah kegiatan PPM ini, namun melalui kegiatan ini, ada usaha dalam peningkatan kompetensi literasi informasi. Mereka dapat memanfaatkan pengetahuan dan informasi baru dalam mengolah dan mencari data secara digital. Perlu dukungan berbagai pihak untuk terus meningkatkan kompetensi literasi pada semua guru PAUD dengan berbagai kegiatan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences

Description

JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT IPTEKS adalah publikasi dari Lembaga Penelitian dan pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Jember berupa tulisan yang diterbitkan secara berkala, jurnal ini diterbitkan dua kali dalam satu tahun yaitu bulan Mei dan Desember. Tujuan dari publikasi jurnal ...