Dialog
Vol 41 No 2 (2018): Dialog

PENYUSUNAN MATERI PEMBELAJARAN QAWAID NAHWIYAH DALAM KITAB AL-JURUMIYAH

Heri Gunawan (Unknown)
Andewi Suhartini (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Asep Nurshobah (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Ilyas Rifa'i (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)



Article Info

Publish Date
10 Feb 2020

Abstract

Bahasa Arab tanpa ilmu nahwu tidak dapat dimengerti. Kitab Jurumiyah, merupakan satu kitab rujukan dalam pembelajaran qawaid (tata bahasa Arab) yang biasa digunakan pesantren. Semua santri diharuskan mempelajari gramatika bahasa Arab sebagai dasar kemampuan bagi mereka dalam membaca kitab-kitab kuning yang menjadi rujukan dalam pembelajaran di pesantren. Fokus penelitian ini berkenaan dengan penyusunan materi pembelajaran qawaid dalam kitab Jurumyiah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripisikan susunan materi pembelajaran qawaid nahwiyah dalam kitab al-Jurumiyah yang ditulis oleh Ibnu Jurum atau dikenal Ash-Shanhaji. Penelitian ini adalah penelitian kualitataif deskriptif dengan menggunakan metode analisis isi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kitab Jurumiyah termasuk dalam kelompok jenis materi yang bersifat konseptual. Penyusunan materinya telah sesuai dengan prinsip-prinsip pengembangan materi dan adaptable dengan perubahan paradigma pembelajaran yang menekankan pada keaktipan siswa (santri) yang mempelajarinya.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

dialog

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences

Description

DIALOG (p-ISSN: 0126-396x, e-ISSN: 2715-6230) is a periodical scientific journal which managed by Secretary of The Research and Development & Educational Training Agency - Ministry of Religious Affairs. This journal first published in 1976. But then, it was officially changed in to an electronic ...