Dialog
Vol 42 No 1 (2019): Dialog

Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Menciptakan Interaksi Edukatif Pada Pelatihan (Study Pada Diklat Model-Pembelajaran Kota Bekasi Tahun 2019)

Emma Himayaturohmah (Balai Diklat Keagamaan Bandung)



Article Info

Publish Date
12 Feb 2020

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya pemahaman peserta tentang interaksi edukatif dan penerapannya di kelas, khususnya bagi guru Madrasah. Rendahnya kemampuan pemahaman dan penerapan interaksi edukatif secara langsung berpengaruh pada kurang efektifnya proses pembelajaran, dan rendahnya minat belajar siswa. Tuntutan kurikulum guru diharuskan menerapkan pendekatan saintifik di kelas, sesuai tuntutan kurikulum 2013. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman peserta tentang pendekatan saintifik melalui penerapan interaksi edukatif dalam Diklat Model-Model Pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field reserch) pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah Peserta Diklat Model Model Pembelajaran bagi Guru Madrasah di Kota Bekasi Jawa Barat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan saintifik peserta sangat baik selesai mengikuti Diklat. Hal ini tampak dari penilaian peserta tentang penerapan interaksi edukatif oleh widyaiswara. Pada ciri interaksi edukatif 93,33 persen peserta menilai sangat baik pelaksanaannya. Pada pelaksanaan interaksi edukatif di kelas penilaian menunjukkan nilai 86,68 menyatakan sangat baik.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

dialog

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences

Description

DIALOG (p-ISSN: 0126-396x, e-ISSN: 2715-6230) is a periodical scientific journal which managed by Secretary of The Research and Development & Educational Training Agency - Ministry of Religious Affairs. This journal first published in 1976. But then, it was officially changed in to an electronic ...