Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian
Vol 2, No 2 (2016): Vol. 2 No. 2 Mei 2016

PENERAPAN MODEL INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN KERJA SAMA NEGARA-NEGARA DI ASIA TENGGARA PADA MATA PELAJARAN PKN BAGI SISWA KELAS VI DI SDN TANJUNGREJO III TONGAS-PROBOLINGGO

Khosiah, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 May 2016

Abstract

Abstrak Penelitian ini berawal dari rendahnya hasil belajar siswa kelas VI SDN Tanjungrejo III Tongas, Kabupaten Probolinggo. Hal ini yang melatar belakangi peneliti untuk melakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas VI SDN Tanjungrejo III Tongas Kabupaten Probolinggo.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan  kelas (PTK) dengan metode deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN Tanjungrejo Tongas, Kabupaten Probolinggo dengan jumlah 34 siswa. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada saat kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Inkuiri.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Inkuiri dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti hasil penelitian yang diperoleh pada setiap siklusnya. Pada siklus I aktivits guru mencapai 75%, aktivitas siswa 68,3% dan  hasil belajar siswa mencapai  kognitif mencapai 68 %, afektif mencapai 72,2% dan psikomotor mencapai 77%. Pada siklus II aktivitas guru mencapai 78%, aktivitas siswa 78% dan  hasil belajar siswa kognitif 82%, afektif 84%, psikomotor 79%. Pada siklus III aktivitas guru mencapai 88%, aktivitas siswa 85% dan  hasil belajar siswa kognitif 88 %, afektif 86%, psikomotor 85%. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan  pembelajaran Inkuiri yang dilaksanakan dalam pembelajaran PKn pada pokok bahasan kerja sama  negara-negara di Asia Tenggara dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas VI di  SDN Tanjungrejo, Tongas,  Kabupaten Probolinggo. Kata Kunci: Model Ikuiri, Hasil Belajar, PKn Sekolah Dasar

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

PD

Publisher

Subject

Education

Description

The Journal focus and scope: Research in the field of scientific concept of basic education includes mathematics, science, social studies, civics and Indonesian. ...