AbstraksAir merupakan kebutuhan yang mendasar bagi masyarakat. Penyaluran airbersih di Kota Malang saat ini bisa dikatakan masih belum merata, khususnyalapisan Masyarakat Bepenghasilan Rendah (MBR) karena faktor sosial ekonomimasyarakat. Oleh karena itulah maka Direksi PDAM kota Malang mencobamelaksanakan program dengan sasaran Masyarakat Berpenghasilan Rendah(MBR). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan danmenginformasikan tentang implementasi kebijakan program penyaluran air bersihMBR di wilayah Kota Malang baik penjelasan mengenai bentuk kebijakan sertamendeskripsikan proses implementasi dari kebijakan program penyaluran airbersih MBR tersebut. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancaralangsung dengan subjek penelitian, observasi secara langsung di lapangan dandokumentasi yang diperoleh selama penelitian. Analisa data yang dilakukandalam penelitian ini menggunakan analisa data deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses implementasi kebijakan dapatterlaksana dengan baik sesuai ketentuan, meskipun demikian masih terdapatbeberapa kendala baik kendala teknis yaitu tidak adanya pipa jaringan yangmenjadi pusat penyaluran air ke pipa-pipa saluran rumah, maupun kendala umumyaitu kurangnya dukungan masyarakat terhadap program MBR karena masyarakatlebih memilih air sumur untuk memenuhi kebutuhannya. Proses implementasi inimeliputi penginputan data calon pelanggan sampai pemasangan sambungan pipasaluran rumah pelanggan. Dengan adanya program MBR, pelayanan air bersih diPDAM Kota Malang pada tahun 2015 mengalami peningkatan jumlah pelanggansebesar 53.825 atau 57,9% sambungan rumah.Saran-saran bagi PDAM Kota Malang agar senantiasa memberikan pelayananyang terbaik secara optimal kepada masyarakat melalui berbagai macamterobosan-terobosan serta inovasi-inovasi yang dapat membantu lancarnyapelaksanaan program, dengan tujuan memudahkan pelayanan penyaluran airbersih di wilayah di Kota Malang terutama bagi masyarakat yang berpenghasilanrendah serta mampu menangani berbagai macam keluhan masyarakat. Bagi masyarakat sebagai penerima manfaat agar sadar bahwa pelayanan penyaluran airbersih yang diberikan oleh pemerintah lebih menjamin kesehatan masyarakat,dengan biaya yang lebih terjangkau bagi masyarakat berpenghasilan rendah.Kata kunci : Implementasi Kebijakan, Program Penyaluran Air Bersih PDAM,Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).
Copyrights © 2019