cover
Contact Name
Yuni Hartono
Contact Email
-
Phone
0341
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Akses : Journal of Public and Business Administration Science
ISSN : 20853947     EISSN : 27151786     DOI : -
Core Subject : Social,
Upaya peningkatan kuantitas dan kualitas penelitian terus menerus dilakukan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Malang untuk mencapai hasil penelitian yang bermutu dan relevan dengan kebutuhan pembangunan nasional. Hasil penelitian yang bermutu diharapkan dapat berkontribusi secara nyata kepada peningkatan daya saing bangsa. Secara empiris tidak dapat dipungkiri bahwa salah satu faktor utama pendukung kemajuan bangsa adalah inovasi yang berbasis pada penelitian yang bermutu. Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Malang memiliki komitmen yang tinggi untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas publikasi akademisi. Terbitnya jurnal Akses yang berkesinambungan merupakan upaya untuk mewadahi karya insan akademis baik gagasan pikiran, kajian, konsep maupun pengamatan atau penelitian.
Articles 7 Documents
1. PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN HASIL BELAJAR SISWA TERHADAP TINGKAT LITERASI EKONOMI DI SMA 3 MATARAM Malang, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA)
Ilmu Administrasi Vol 1 No `1 (2019): JURNAL AKSES
Publisher : STIA Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (308.992 KB)

Abstract

Pada era teknologi dibutuhkan manusia yang cerdas ekonomi dan bisamemperoleh pendapatan bagi dirinya. Siswa diharapkan dapat mengambilkeputusan yang terbaik pada saat yang tepat, serta mampu mencapaikesejahteraan hidupnya. Agar menjadi orang yang cerdas dalam mengelolapendapatan sangat diperlukan kemampuan literasi ekonomi yang tinggisehingga dapat mencapai kesejahteraan. Tujuan dari penelitian ini yaitumelihat pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan hasil belajar terhadaptingkat literasi ekonomi siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitupenelitian eksplanatori dengan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitianini yaitu siswa di kelas 12 IPS-3 SMA Negeri 3 Mataram angkatan 2015dengan jumlah 35 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis regresilinier berganda. Diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: (1) status sosialekonomi orang tua berpengaruh signifikan terhadap tingkat literasi ekonomisiswa; (2) hasil belajar siswa berpengaruh signifikan terhadap tingkat literasiekonomi siswa; (3) Secara simultan variabel status sosial ekonomi orang tuadan hasil belajar siswa berpengaruh signifikan terhadap tingkat literasiekonomi siswa.
3. ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN LOW DENSITY POLYETHYLENE (LDPE) DENGAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ) PRODUK CAIRAN INFUS DI PT. WIDATRA BHAKTI Malang, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA)
Ilmu Administrasi Vol 1 No `1 (2019): JURNAL AKSES
Publisher : STIA Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (507.066 KB)

Abstract

AbstractPT. Widatra Bhakti is a pharmaceutical company engaged in producing basicinfusion fluids whose 99% of the products are intended for the domestic market and 1%for overseas markets. In conducting its production activities are closely related to thesupply of raw materials which are important components that must be available for thesmoothness of the production process. The raw material used is LDPE, which is used forthe process of making the infusion bottles. This study aims to determine the control ofLDPE raw material inventory at PT. Widatra Bhakti and to determine the amount ofeconomical ordering of LDPE raw materials as well as to determine the minimum totalinventory cost. This research uses descriptive method that is quantitative because thisresearch relates to the object of research that is on the company with a certain period oftime by collecting data and information relating to the company and suited to the purposeof the research. Descriptive analysis techniques used to analyze data on LDPE rawmaterial inventory control problem in an effort to reduce the inventory cost usingEconomic Order Quantity (EOQ) method. The result shows that the company can savecosts with fewer purchase frequencies if the EOQ method is used where inventory costsare more cost-effective than using current company-run methods is used.Keywords: Inventory Control, EOQ, Inventory Cost
4. Analysis of Raw Material Control Using Economic Order Quantity (EOQ) Method In Suppressing Inventory Costs At UD. Sagga Lather Malang. Malang, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA)
Ilmu Administrasi Vol 1 No `1 (2019): JURNAL AKSES
Publisher : STIA Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (402.244 KB)

Abstract

AbstractThis study aims to determine the quantity or quantity of economic orders(EOQ), safety stock, point of re-ordering, and the total cost of raw materialsinventory of skin on UD. Sagga Leather. The data used in this study consist ofprimary data and secondary data both qualitative and quantitative in relation tothe stock of paper raw materials. Primary data obtained through observation aswell as direct interviews with various parties concerned. Secondary data isobtained from company management documents and reports. The results of thisstudy indicate that the application of EOQ (Economic Order Quantity) methodon UD. Sagga Leather Malang is more efficient than the simple method used bythe company. The application of this method does emphasize how important theraw material inventory planning for the company in the production process.Keywords: Economical order quantity (EOQ), Inventory.
6. DAMPAK KEHARMONISAN KOMUNIKASI DALAM KEPEMIMPINAN PADA KINERJA PELAYANAN (Studi Tentang Dampak Keharmonisan Komunikasi Dalam Kepemimpinan Pada Kinerja Pelayanan Pada RS. Umum Bhakti Bunda Malang) Malang, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA)
Ilmu Administrasi Vol 1 No `1 (2019): JURNAL AKSES
Publisher : STIA Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (212.658 KB)

Abstract

AbstrakDampak Keharmonisan Komunikasi Dalam Kepemimpinan PadaKinerja Pelayanan (Studi Tentang Dampak Keharmonisan KomunikasiDalam Kepemimpinan Pada Kinerja Pelayanan Pada RS. Umum BhaktiBunda Malang). Organisasi sebagai himpunan interaksi manusia yangbekerjasama untuk mencapai tujuan bersama harus mempunyai administrasiyang professional, termasuk dalam hal ini adalah komunikasi antara oimoinandengan bawahan. Pencapaian tujuan suatu organisasi dikenal adanya asaskesatuan perintah yaitu hendaknya setiap bawahan hanya menerima perintahdari seorang atasan dan bertanggung jawab hanya kepada seorang atasan pula.Tetapi seorang atasan dapat member perintah kepada beberapa orang bawahandan asas kesatuan perintah sangat bergantung pada bagaimana pemimpinberkomunikasi. Tujuan penelitian ini adalah ; untuk mendeskripsikan danmenganalisis kondisi keharmonisan komunikasi antara pimpinan dan pegawaipada pelayanan RS. Umum Bhakti Bunda Malang. Penelitian ini menggunakanjenis penelitian kualitatif, data dikumpulkan dengan metode wawancara(Tanya-jawab) yang didukung oleh narasumber sesuai kebutuhan penelitian.Analisis data penelitian menggunakan analisis interaktif model Miles danHuberman (1992) yang terdiri dari data collection, data display, data reductiondan conclusions ; drawing/verifying. Komunikasi yang harmonis dari pimpinanyang dibangun di RS. Umum Bhakti Bunda Malang memberikan dampak padaberjalannya arus komunikasi dengan baik secara dua arah. Keharmonisankomunikasi pimpinan dengan bawahan telah membangun sebuah model yangbagus dalam suatu konsep kerjasama yang baik dari masing-masing anggota diRS. Umum Bhakti Bunda Malang. Kepercayaan yang diberikan oleh pimpinanmelalui komunikasi yang harmonis tersebut, telah memberikan dampak padakomitmen bawahan untuk bekerja dengan sebaik mungkin dalam memberikanlayanan medis kepada masyarakat. Kualitas layanan yang diberikan oleh petugas di RS. Umum Bhakti Bunda Malang berjalan dengan baik dan sesuaidengan standar yang ditetapkan, sehingga jarang bahkan hamper dikatakanbelum pernah terjadi complain yang berat dari pasien dan keluarga pasien.Kata Kunci : Dampak, Keharmonisan, Kepemimpinan, MeningkatkanKinerja Pelayanan
2. IMPLEMENTASI PROGRAM PENYALURAN AIR BERSIH PDAM BAGI MASYARAKAT BERPENGHASILAN RENDAH DI WILAYAH KOTA MALANG Malang, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA)
Ilmu Administrasi Vol 1 No `1 (2019): JURNAL AKSES
Publisher : STIA Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstraksAir merupakan kebutuhan yang mendasar bagi masyarakat. Penyaluran airbersih di Kota Malang saat ini bisa dikatakan masih belum merata, khususnyalapisan Masyarakat Bepenghasilan Rendah (MBR) karena faktor sosial ekonomimasyarakat. Oleh karena itulah maka Direksi PDAM kota Malang mencobamelaksanakan program dengan sasaran Masyarakat Berpenghasilan Rendah(MBR). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan danmenginformasikan tentang implementasi kebijakan program penyaluran air bersihMBR di wilayah Kota Malang baik penjelasan mengenai bentuk kebijakan sertamendeskripsikan proses implementasi dari kebijakan program penyaluran airbersih MBR tersebut. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancaralangsung dengan subjek penelitian, observasi secara langsung di lapangan dandokumentasi yang diperoleh selama penelitian. Analisa data yang dilakukandalam penelitian ini menggunakan analisa data deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses implementasi kebijakan dapatterlaksana dengan baik sesuai ketentuan, meskipun demikian masih terdapatbeberapa kendala baik kendala teknis yaitu tidak adanya pipa jaringan yangmenjadi pusat penyaluran air ke pipa-pipa saluran rumah, maupun kendala umumyaitu kurangnya dukungan masyarakat terhadap program MBR karena masyarakatlebih memilih air sumur untuk memenuhi kebutuhannya. Proses implementasi inimeliputi penginputan data calon pelanggan sampai pemasangan sambungan pipasaluran rumah pelanggan. Dengan adanya program MBR, pelayanan air bersih diPDAM Kota Malang pada tahun 2015 mengalami peningkatan jumlah pelanggansebesar 53.825 atau 57,9% sambungan rumah.Saran-saran bagi PDAM Kota Malang agar senantiasa memberikan pelayananyang terbaik secara optimal kepada masyarakat melalui berbagai macamterobosan-terobosan serta inovasi-inovasi yang dapat membantu lancarnyapelaksanaan program, dengan tujuan memudahkan pelayanan penyaluran airbersih di wilayah di Kota Malang terutama bagi masyarakat yang berpenghasilanrendah serta mampu menangani berbagai macam keluhan masyarakat. Bagi masyarakat sebagai penerima manfaat agar sadar bahwa pelayanan penyaluran airbersih yang diberikan oleh pemerintah lebih menjamin kesehatan masyarakat,dengan biaya yang lebih terjangkau bagi masyarakat berpenghasilan rendah.Kata kunci : Implementasi Kebijakan, Program Penyaluran Air Bersih PDAM,Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).
5. EVALUATION OF LEADERSHIP POLICY OF DEAN IN EFFORTS TO INCREASE READY-TO-USE GRADUATES (STUDY PROGRAM OF STUDENT CREATIVITY ANIMAL HUSBANDRY FACULTY OF BRAWIJYA UNIVERSITY) Malang, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA)
Ilmu Administrasi Vol 1 No `1 (2019): JURNAL AKSES
Publisher : STIA Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstractThis study uses qualitative research aims to observe, to know, to observe socialphenomena in a setting, as well as developing the concept in solving a problem,the data were collected by interview (a responsibility), supported by resourcepersons as needed research. Data analysis using interactive analysis model ofMiles and Huberman that consists of data collection, the data display, datareduction and Conclusions; drawing/verifying policies to improve the quality ofcollege graduates to someday have the academic ability to develop, apply anddisseminate knowledge, technology and creativity in the field of animalhusbandry. Still, rare students who are interested and are interested in theprogram of student creativity. not a few who do not or do not want to take anychance that the CRP program, perhaps because students have not found meaningor benefit from the program, or students feel less time to learn, assumed to followsuch activities are a waste of time. students can also just want to focus onactivities in order to achieve IP college or high GPA. if such a fact, then there isa lot of students to be students butterfly (college tuition home- return). therefore,for the students, while in college is an opportunity to develop themselves, then tryto take the opportunity offered by CRP. proved to be quite a lot of graduates whocan compete in the world of work, to create jobs that are received at theenterprise, government, and private agencies as actively participating in theCRP program.Keyword: leadership policy, graduates student, animal husbandry faculty
7. PENGARUH PELATIHAN DAN PROMOSI TERHADAP PRESTASI KERJA STUDI PADA PEGAWAI DI KANTOR KECAMATAN BLIMBING KOTA MALANG Malang, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA)
Ilmu Administrasi Vol 1 No `1 (2019): JURNAL AKSES
Publisher : STIA Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstractTraining and development is defined as the preparation of individuals to assumedifferent or higher responsibilities within the organization. Training anddevelopment are typically associated with the necessary emotional and skillupgrading to perform better jobs. Development stands on the fact that anemployee will need the knowledge, skills and abilities that develop so thatemployees can work well in a series of succession positions that will be livedduring his career. Providing training to employees can also mean improvingemployee standards, which indicate an increase in the ability and skills ofemployees to perform certain jobs or tasks. One of the reasons why companiesprovide training to employees is to improve employee performance. With theimprovement of employee performance is expected to goals and objectives set bythe company can continue to run smoothly and in accordance with the set by themanagement company. A form of motivation that can effectively encourage aperson to participate actively in an organization, among others, is theopportunity to feel progress in his work, both in position and authority. Theopportunity to move forward is often called promotion. Promotion means trustand acknowledgment of the employee's ability and skills to occupy a higherposition.Keywords: Training, Promotion, Job Performance

Page 1 of 1 | Total Record : 7