Widyadari : Jurnal Pendidikan
Vol. 21 No. 1 (2020): April 2020

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN STEM DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS X RPL 1 SMK N 1 NEGARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Sudiatmika, I Ketut (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Apr 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk peningkatan hasil belajar Fisika dengan penerapan model pembelajaran Project Based Learning dengan pendekatan STEM pada materi Suhu dan kalor pada peserta didik. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada kelas X RPL 1 SMK Negeri 1 Negara pada semester 2. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X RPL 1 SMK Negeri 1 Negara Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 36. Objek penelitian adalah penerapan model pembelajaran Project Based Learning dengan pendekatan STEM, dan hasil belajar. Dalam penelitian ini digunakan beberapa siklus melalui empat tahapan proses kegiatan yang meliputi (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, dan (4) evaluasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar peserta didik sebesar 9,58 yakni dari 71,53 pada siklus I menjadi 81,11 pada siklus II dengan daya serap 81,11%. Berdasarkan hasil siklus I dan II serta faktor lain, bahwa dengan penerapan model pembelajaran Project Based Learning dengan pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) pada materi Suhu dan kalor dapat meningkatkan hasil belajar Fisika pada peserta didik kelas X RPL 1 SMK Negeri 1 Negara.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

widyadari

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Widyadari diterbitkan oleh LP2M IKIP PGRI Bali memuat naskah hasil-hasil penelitian di bidang ilmu pendidikan. Adapun ruang lingkup kajian jurnal adalah Bimbingan dan konseling, Pendidikan bahasa Indonesia dan daerah, Pendidikan Seni rupa, drama, tari dan musik, Pendidikan ekonomi, Pendidikan ...