Widyadari : Jurnal Pendidikan
Vol. 21 No. 1 (2020): April 2020

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENJASORKES SISWA KELAS VI

Murjana, I Made (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Apr 2020

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 2 Kuwum khususnya di Kelas VI yang kemampuan siswanya untuk materi Penjasorkes cukup rendah dan belum mencapai KKM pada nilai rata-rata klasikalnya. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan Prestsi belajar Penjasorkes siswa Kelas VI pada semester I SD Negeri 2 Kuwum tahun pelajaran 2019/2020 dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD. Metode pengumpulan datanya adalah tes hasil belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah nilai rata-rata hasil belajar Penjasorkes pada siklus awal adalah 69.71 dengan prosentase ketuntasan belajar 74.28% selanjutnya pada Siklus I nilai rata-rata mencapai 73.57 dengan prosentase ketuntasan 85.71% dan pada siklus II nilai rata-rata mencapai 80 dengan prosentase ketuntasan mencapai 100%. Melihat hasil belajar siswa yang sudah mencapai KKM bahkan lebih dari KKM maka tindakan dihentikan pada Siklus II. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar Penjasorkes siswa Kelas VI semester I SD Negeri 2 Kuwum Tahun pelajaran 2019/2020.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

widyadari

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Widyadari diterbitkan oleh LP2M IKIP PGRI Bali memuat naskah hasil-hasil penelitian di bidang ilmu pendidikan. Adapun ruang lingkup kajian jurnal adalah Bimbingan dan konseling, Pendidikan bahasa Indonesia dan daerah, Pendidikan Seni rupa, drama, tari dan musik, Pendidikan ekonomi, Pendidikan ...