JURNAL ILMU PENDIDIKAN AHLUSSUNNAH
Vol 2 No 2 (2019): Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MISSOUR MATHEMATICS PROJECT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP N 1 BASO

Ayu, Citra (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2019

Abstract

Aktivitas belajar yang masih terpusat pada guru dan rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Baso adalah faktor yang melatar belakangi penelitian ini. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Missouri Mathematics Project. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Missouri Mathematics Project lebih baik daripada menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Baso. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling. Data penelitian diperoleh dari tes akhir dan analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis data dan tes akhir diperoleh bahwa hasil belajar matematika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif Missouri Mathematics Project lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional kelas VIII SMPN 1 Baso.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jipa

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah merupakan jurnal ilmiah di bidang Pendidikan Kewarganegaraan, Pendidikan Geografi, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Biologi, dan Pendidikan Matematika. JIPA di terbitkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Ahlussunnah ...