Jurnal Serunai Bahasa Indonesia
Vol 17, No 1 (2020): JURNAL SERUNAI BAHASA INDONESIA 2020 ( EDISI MARET)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS X SMA SWASTA MELATI BINJAI TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Rika Manik (STKIP Budidaya Binjai)
Sawaluddin Siregar (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) terhadap Keterampilan Menulis Cerita Pendek oleh Siswa Kelas X SMA Swasta Melati Binjai Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Melati Binjai dengan alamat Jalan MT. Haryono No. 314 Kecamatan Binjai Utara. Waktu penelitian adalah pada bulan Oktober 2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Melati Binjai Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 80 siswa. sampel dalam penelitian ini adalah 80 siswa. Pada kelas eksperimen digunakan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) sedangkan kelas kontrol digunakan metode konvensional. jenis penelitian dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Desain penelitian ini adalah pretest posttest two group desain. Desain ini menentukan pengaruh perlakukan dengan hanya membandingkan rata-rata posttest antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol atau kelompok pembanding. Instrumen yang dugunakan untuk menjaring data dalam penelitian ini adalah tes bentuk uraian, yaitu menugaskan siswa menulis cerpen. Data yang diperoleh menggunakan rumus t adalah : thitung 3,13 pada tingkat kebebasan 78 (n1 + n2 – 2 = 39 + 41 – 2 = 78). Pada baris 78,  thitung adalah 2.00 = 0.05. Hasil ini menunjukkan  bahwa nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu 3,13 >2.00. Dengan demikian hipotesis diterima, yaitu : “Terdapat pengaruh metode pembelajaran berbasis masalah (PBM) terhadap keterampilan menulis cerpen oleh siswa kelas X SMA Swasta Melati Binjai Tahun Pelajaran 2019/2020. Saran yang dapat peneliti berikan dalam penelitian ini adalah bahwa metode pembelajaran berbasis masalah (PBM) disarankan untuk digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia bagi guru bahasa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

je

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Ilmiah Serunai Bahasa Indonesia merupakan media informasi yang diterbitkan secara berkala dua kali dalam setahun yaitu Februari dan Agustus . Penerbitan jurnal ini sebagai sarana untuk menampung artikel-artikel ilmiah yang berasal dari hasil penelitian, kajian-kajian atau makalah ilmiah dari ...