RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION (RDJE)
Vol 6, No 2 (2020)

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TEAM TEACHING DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH MATEMATIKA EKONOMI DI UNINDRA

Karlina, Elin ((Sinta Id: 6652333) Universitas Indraprasta PGRI)
Rasam, Fadli (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran team teaching dalam upaya meningkatkan hasil belajar mata kuliah matematika ekonomi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Indraprasta PGRI. Metode yang akan digunakan adalah dengan eksperimen. Penelitian dilakukan pada mahasiswa semester satu, dimana mereka masih peralihan masa dari tingkat SMA/SMK/MA/sederajat ke jenjang perguruan tinggi. Penelitian ini menggunakan dua kelas untuk penelitian sebanyak 77 mahasiswa, kelas A sebagai kelas kontrol dengan metode ceramah dan kelas B sebagai kelas eksperimen dengan metode team teaching, dari kedua metode yang digunakan, peneliti akan melihat dan membandingkan hasil belajar mahasiswa/i. Berdasarkan penelitian dan perhitungan SPSS diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: (1) kedua data normal dan homogen, (2) terdapat perbedaan antara mahasiswa/i yang pembelajaraanya menggunakan metode team teaching dengan metode ceramah. Hasil penelitian menunjukan bahwa, mahasiswa/i yang kegiatan pembelajarannya menggunakan metode team teaching dapat meningkatkan hasil belajar pada mata kuliah matematika ekonomi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

RDJE

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

RDJE: Research and Development Journal of Education (ISSN 2657-1056 for the electronic version and ISSN 2406-9744 for the print version) first published in Oct 2014 is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with ...