Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol 2, No 1 (2020): MEI 2020

Pembuatan Instrumen Supervisi di Kelompok Kerja Kepala Sekolah PAUD (K3PAUD) Alalak di TK Anak Beruntung

Chresty Anggreani (FKIP Universitas Lambung Mangkurat)
Novitawati Novitawati (FKIP Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
31 May 2020

Abstract

Salah satu upaya peningkatan kualitas pembelajaran guru di kelas dilakukan melalui sebuah supervisi. Salah tugas kepala sekolah yaitu sebagai supervisor. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman kepala sekolah dalam membuat instrumen supervisi dan menganalisis hasil supervisi. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 29 November 2019 yang diikuti sebanyak 34 orang peserta. Untuk mencapai tujuan tersebut maka metode yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, praktek langsung. Kegiatan pengabdian ini dilakukan melalui dua tahapan yaitu: tahap pertama berupa pembekalan peserta secara teoritis mengenai konsep supervisi dan tahap kedua  berupa praktik membuat instrumen supervisi. Produk yang dihasilkan dari pengabdian ini berupa instrumen supervisi pembelajaran. Hasil dari kegiatan ini menujukan adanya peningkatan pengetahuan dan pemahaman berdasarkan hasil pretest dan posttest yang menunjukan rata-rata skor peserta sebesar 49,4 dan 82,3 dengan persentase peningkatan sebesar 65%. Hal ini menunjukan bahwa bimbingan teknis pembuatan instrumen supervisi untuk kepala sekolah PAUD yang diberikan memberikan manfaat bagi peningkatan pengetahuan dan pemahaman kepala sekolah di kelompok kerja kepala sekolah (K3 PAUD) di Kecamatan Alalak, Barito Kuala tentang cara-cara membuat instrumen supervisi dalam pembelajaran di PAUD. One effort to improve the quality of teacher learning in class made through supervision. One of the headmaster tasks is as a supervisor. Community service aims to increase the headmaster's knowledge and understanding in making supervision instruments and analyzing the supervision results. To achieve these objectives, the methods used are lectures, questions, and answers, direct practice. This dedication activity carried out through two stages: the first stage is in the form of briefing participants theoretically about the concept of supervision, and the second stage is the practice of making supervision instruments. The products produced from community service implemented in the form of learning supervision instruments. The community service results aimed at increasing knowledge and understanding based on the results of the pretest and posttest, which showed an average score of participants of 49.4 and 82.3 with a percentage increase of 65%. This indicates that the technical guidance of making supervision instruments for kindergarten principals provided benefits for increasing the knowledge and understanding of principals in kindergarten headmaster's association in Alalak Barito Kuala about ways to make supervision instruments in learning in Kindergarten.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

btj

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat publishes articles from community service. This Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is periodically published by Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lambung Mangkurat. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat published ...