SOSIOEDUKASI : JURNAL ILMIAH ILMU PENDIDIKAN DAN SOSIAL
Vol 6 No 1 (2017): SOSIOEDUKASI : JURNAL ILMIAH ILMU PENDIDIKAN DAN SOSIAL

STUDI KORELASI ANTARA LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN AKTIVITAS BELAJAR PADA SISWA KELAS XI IPS MA RODLOTUL MUTA’ALIMIN SIMBAR CLURING

RIZKY IRZA AFIFI (Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Banyuwangi)
TIAN FITRIARA HUDA (Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Banyuwangi)



Article Info

Publish Date
24 May 2017

Abstract

Tujuan penelitian adalah secara mayor untuk mengetahui ada tidaknya korelasi lingkungan belajar dengan aktifitas belajar pada siswa kelas XI IPS semester genap MA Roudlotul Muta’alimin Simbar Cluring tahun pelajaran 2014/2015 dan secara minor terbagi menjadi dua yaitu minor I adalah ada tidaknya korelasi lingkungan belajar dengan aktifitas belajar di sekolah dan minor II adalah ada tidaknya korelasi lingkungan belajar dengan aktifitas belajar di rumah dan secara minor. Hipotesa yang diajukan dalam penelitian ini sebagai berikut: hipotesa mayor adalah ada hubungan antara lingkungan belajar dengan aktifitas belajar siswa.Sedangkan hipotesis minor terbagi menjadi dua yaitu minor I adalah ada hubungan antara lingkungan belajar dengan aktifitas belajar siswa di sekolahdan minor II adalah ada hubungan antara lingkungan belajar dengan aktifitas belajar siswa. Hasil menunjukan (Ha) diterima yang berarti ada korelasi lingkungan belajar dengan aktifitas belajar pada siswa kelas XI IPS semester genap MA Roudlotul Muta’alimin Simbar Cluring Tahun Pelajaran 2014/2015”. Kesimpulan penelitian adalah secara mayor adalah ada korelasi lingkungan belajar dengan aktifitas belajar pada siswa kelas XI IPS semester genap MA Roudlotul Muta’alimin Simbar Cluring tahun pelajaran 2014/2015 dan secara minor yaitu minor I adalah ada korelasi lingkungan belajar dengan aktifitas belajar di sekolah pada siswa kelas XI IPS semester genap MA Roudlotul Muta’alimin Simbar Cluring Tahun Pelajaran 2014/2015 dan minor II adalah ada korelasi lingkungan belajar dengan aktifitas belajar di rumah pada siswa kelas XI IPS semester genap MA Roudlotul Muta’alimin Simbar Cluring tahun pelajaran 2014/2015.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

sosioedukasi

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

urnal sosioedukasi (e-ISSN: 2541-612X, Print ISSN 2086-6135) diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Banyuwangi, diterbitkan dua kali setahun pada bulan mei dan november. fokus Scientific Journals of Education and Social. Jurnal sosioedukasi mencakup semua bidang dan ...