SOSIOEDUKASI : JURNAL ILMIAH ILMU PENDIDIKAN DAN SOSIAL
Vol 6 No 2 (2017): SOSIOEDUKASI : JURNAL ILMIAH ILMU PENDIDIKAN DAN SOSIAL

PENGARUH IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS ASESMEN KINERJA DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATEMATIKA SISWA KLS VII SMP NEGERI 4 NEGARA KABUPATEN JEMBRANA – BALI

UMI TRISILOWATI (SMPN 4 Negara, Bali)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2019

Abstract

Tujuan pokok dari penelitian ini adalah untuk menguji Pengaruh ImplementasiPembelajaran Berbasis Asesmen Kinerja terhadap Hasil Belajar dilihat dari MotivasiBerprestasi Siswa dalam Pembelajaran Matematika pada siswa kelas VII SMP Negeri4 Negara Kabupaten Jembrana - Bali.Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimendengan menjadikan siswa kelas VII SMP Negeri 4 Negara sebagai sampelpenelitian.Sampel penelitian ditentukan secara acak (random Sampling ). Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan tes hasil belajarMatematika dan Kuesioner Motivasi Berprestasi.Keseluruhan data dalam penelitian iniakan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis anava dua jalur dan uji Tukey yangsebelumnya akan diawali dengan melakukan uji normalitas dan uji homoginitas variansterhadap setiap sel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Terdapat perbedaan yang signifikanantara prestasi belajar Matematika kelompok siswa yang mengikuti pembelajarandengan Asesmen Kinerja dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran denganuraian; Terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara pembelajaran Asesmenkinerja dan Motivasi berprestasi terhadap Prestasi Belajar Matematika;

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

sosioedukasi

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

urnal sosioedukasi (e-ISSN: 2541-612X, Print ISSN 2086-6135) diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Banyuwangi, diterbitkan dua kali setahun pada bulan mei dan november. fokus Scientific Journals of Education and Social. Jurnal sosioedukasi mencakup semua bidang dan ...