Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaranberbasis masalah terhadap kemampuan menulis teks negosiasi siswa kelas X SMANegeri 20 Medan tahun pembelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalahsiswa kelas X SMA Negeri 20 Medan yang terdiri 5 kelas dengan jumlah siswasebanyak 170 orang. Dari jumlah tersebut ditetapkan sampel sebanyak 60 orangsiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimendengan desain penelitian post-test only control group design. Instrumen yangdigunakan untuk menjaring data adalah tes penugasan hasil karya (tertulis).Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks negosiasi denganmenerapkan model pembelajaran berbasis masalah termasuk dalam kategori baikdengan nilai rata-rata 78,8, sedangkan kemampuan siswa dalam menulis teksnegosiasi dengan menerapkan model pembelajaran ekspositori termasuk dalamkategori cukup dengan nilai rata-rata 69,2. Selanjutnya, hasil dari hipotesis> atau 5,22 > 1,70 pada taraf signifikan α = 0,05. Dengan demikian hipotesisnihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Artinya model pembelajaranberbasis masalah berpenerapan positif dalam meningkatkan kemampuan menulisteks negosiasi siswa kelas X SMA Negeri 20 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015.Dengan kata lain, hasil pembelajaran menulis teks negosiasi dengan menerapkanmodel pembelajaran berbasis masalah lebih baik dari hasil pembelajaran denganmenerapkan model pembelajaran ekspositori.
Copyrights © 2016