cover
Contact Name
M Oky Fardian Gafari
Contact Email
oky@unimed.ac.id
Phone
+6285225812829
Journal Mail Official
edukasikultura@gmail.com
Editorial Address
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/kultura/about/editorialTeam
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Edukasi Kultura
ISSN : 24078409     EISSN : 25499726     DOI : 10.24114
Edukasi Kultura merupakan jurnal elektronik dan cetak nasional yang merupakan wadah penerbitan artikel penelitian original yang terkait dengan penelitian pendidikan bahasa, sastra, dan budaya. Jurnal ini dikelola oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia PPs Universitas Negeri Medan. Jurnal ini diterbitkan dua kali dalam setahun dibulan April dan Oktober.
Articles 178 Documents
ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DALAM KATA PENGANTAR SKRIPSI MAHASISWA PBSI FKIP UNSYIAH Novira Sabrina
Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra dan Budaya Vol 4, No 1 (2017): JURNAL EDUKASI KULTURA
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/kultura.v1i1.11703

Abstract

ABSTRAKPenelitian yang berjudul “Analisis Kesalahan Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Kata Pengantar Skripsi Mahasiswa PBSI FKIP Unsyiah” ini bertujuan mendeskripsikan kesalahan penggunaan bahasa Indonesia dalam kata pengantar skripsi mahasiswa PBSI FKIP Unsyiah. Sumber data penelitian ini adalah skripsi mahasiswa PBSI FKIP Unsyiah tahun 2010. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi. Data yang telah terkumpul diolah secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih terdapat kesalahan penggunaan bahasa Indonesia dalam kata pengantar skripsi mahasiswa PBSI FKIP Unsyiah tahun 2010, yaitu kesalahan EYD 50%, kesalahan diksi 21%, kesalahan kalimat 15%, kesalahan paragraf 5%, dan kesalahan sistematika penulisan kata pengantar 11%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, kesalahan penggunaan bahasa Indonesia yang dominan muncul adalah aspek kesalahan ejaan atau EYD.
PENERAPAN METODE QUANTUM TEACHING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPS MATERI KERJA SAMA INTERNASIONAL PADA SISWA KELAS IX-A SMP NEGERI 12 TANJUNG BALAI TAHUN AJARAN 2014/2015 Robinhod Silaen
Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra dan Budaya Vol 5, No 2 (2018): JURNAL EDUKASI KULTURA
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/kultura.v1i2.11779

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan metode Quantum teaching pada pokok bahasan Materi Kerja Sama Internasional Kelas IX-A  SMP Negeri 12 Tanjung Balai Tahun Ajaran 2014/2015. Dengan menggunakan metode Quantum Teaching dalam pembelajaran IPS maka proses pembelajaran akan dapat berjalan dengan aktif dan menyenangkan serta dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Dimana penelitian memaparkan pengaruh metode Quantum teaching terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS pokok bahasan Kerja Sama Internasional. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas Kelas IX-A  SMP Negeri 12 Tanjung Balai yang berjumlah 30 orang. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini adalah lembaran observasi, wawancara dan catatan lapangan. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan hal sebagai berikut: dapat diketahui motivasi belajar siswa pada siklus I menunjukkan bahwa sebesar 55% siswa yang memiliki indikator tekun menghadapi tugas, 50% siswa yang memiliki indikator ulet menghadapi kesulitan, 60% siswa yang memiliki indikator menunjukkan minat yang tinggi terhadap berbagai macam masalah, 40% siswa yang memiliki indikator bekerja mandiri, 39% siswa yang memiliki indikator dapat mempertahankan pendapatnya, 58% siswa yang memiliki indikator bekerja sama dalam mencari dan memecahkan masalah soal-soal. Dengan demikian, setelah diadakan tindakan pada saat proses pembelajaran dapat disimpulkan pada hasil tindalan siklus II yaitu sebesar 84% siswa yang memiliki indikator tekun menghadapi tugas, 77% siswa yang memiliki indikator ulet menghadapi kesulitan, 83% siswa yang memiliki indikator menunjukkan minat yang tinggi terhadap berbagai macam masalah, 78% siswa yang memiliki indikator bekerja mandiri, 69% siswa yang memiliki indikator dapat mempertahankan pendapatnya, 91% siswa yang memiliki indikator bekerja sama dalam mencari dan memecahkan masalah soal-soal. Secara garis besar dapat disimpulkan bahwa metode Quantum teaching adalah metode yang mampu menuntun siswa untuk meningkatkan motivasi belajar.
KEMAMPUAN PENGUASAAN MAJAS PERTENTANGAN SISWA KELAS XII SMK KESEHATAN SAHATA KOTA PEMATANGSIANTAR Dedi Zulkarnain Pulungan
Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra dan Budaya Vol 1, No 1 (2014): JURNAL EDUKASI KULTURA
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/kultura.v1i1.1785

Abstract

Figure of speech CONFLICT CONTROL CAPABILITIES HEALTH CLASS XII SMK SAHATA  CITY  PEMATANGSIANTAR   LESSONS  YEAR  2014-2015  DEDI ZULKARNAIN  Pulungan  NIM  :  8136192007  FIELD  STATE  UNIVERSITY GRADUATE  INDONESIAN  ABSTRACT  The  research  was  conducted  in  SMK SAHATA  Health  Academic  Year  2014-2015  100  City  Road  Melanthon  siregar Pematangsiatar.dengan  penelitain  Methods  Descriptive  .  This  study  aimed  to describe the ability of opposition figure of speech in a sentence mastery  class XII student of SMK HEALTH SAHATA Pematangsiantar 2014-2015 academic year of calculation of the percentage figure of speech known mastery ability opposition in class XII student sentence quite able to value - average ( mean ) 70.33 . Students were categorized memproleh value (A) there is as much as 33.33 % gain value (B) there is as much as 26.67 % , gain value (C) there is as much as 20 % , memproleh value (D) there are as many as 20 % and category value (E) there as much as 0 % .From the results of the analysis of data and the number of students who meet the criteria of completeness of the results of the ability to master figure of speech in a sentence contradictions exist in both categories with the amount of 80 %. Keywords : Mastery opposition figure of speech
INTERFERENSI BAHASA BATAK MANDAILING PADA PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DALAM INTERAKSI KELAS DI KELAS VII MADRASYAH TSANAWIYAH SWASTA Siti Jahria Sitompul
Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra dan Budaya Vol 2, No 2 (2015): JURNAL EDUKASI KULTURA
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/kultura.v1i2.5184

Abstract

The objective of the research is to find out the interference of bataklanguage into indonesian language in interaction class. The data is found frominteraction class 2013’. This research used theory of bilingual, languageinterference choice in order to analyse the data. The result of this research has found11 forms of batak’s language interference to the indonesian language includingmorfologi and prefosisi.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 20 MEDAN Rini Prima Ritonga
Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra dan Budaya Vol 3, No 2 (2016): JURNAL EDUKASI KULTURA
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/kultura.v1i2.5207

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaranberbasis masalah terhadap kemampuan menulis teks negosiasi siswa kelas X SMANegeri 20 Medan tahun pembelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalahsiswa kelas X SMA Negeri 20 Medan yang terdiri 5 kelas dengan jumlah siswasebanyak 170 orang. Dari jumlah tersebut ditetapkan sampel sebanyak 60 orangsiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimendengan desain penelitian post-test only control group design. Instrumen yangdigunakan untuk menjaring data adalah tes penugasan hasil karya (tertulis).Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks negosiasi denganmenerapkan model pembelajaran berbasis masalah termasuk dalam kategori baikdengan nilai rata-rata 78,8, sedangkan kemampuan siswa dalam menulis teksnegosiasi dengan menerapkan model pembelajaran ekspositori termasuk dalamkategori cukup dengan nilai rata-rata 69,2. Selanjutnya, hasil dari hipotesis> atau 5,22 > 1,70 pada taraf signifikan α = 0,05. Dengan demikian hipotesisnihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Artinya model pembelajaranberbasis masalah berpenerapan positif dalam meningkatkan kemampuan menulisteks negosiasi siswa kelas X SMA Negeri 20 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015.Dengan kata lain, hasil pembelajaran menulis teks negosiasi dengan menerapkanmodel pembelajaran berbasis masalah lebih baik dari hasil pembelajaran denganmenerapkan model pembelajaran ekspositori.
KURIKULUM DAN PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Elisa Anggraini
Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra dan Budaya Vol 5, No 1 (2018): JURNAL EDUKASI KULTURA
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/kultura.v1i1.11767

Abstract

ABSTRAKKurikulum 2013 adalah kurikulum pendidikan di Indonesia saat ini yang telah diberlakukan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Indonesia. Tujuan dari kurikulum baru ini adalah untuk memajukan pendidikan serta membenahi karakter  pelajar di Indonesia. Masalah pokok dalam tulisan ini difokuskan pada problematika pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia ditinjau dari permasalahan faktor guru, siswa, dan bahan/materi ajar serta unsur media pembelajarannya. Tujuan dari penulisan ini untuk mengetahui problematika yang dihdapi guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia dan kaitnnya dengan kurikulum. Berdasarkan tujuan, tulisan ini dapat dikatagorikan sebagai penelitian deskriptif kualitatif, yaitu mengumpulkan informasi mengenai status suatu gejala yang ada. Kemudian mendeskripsikannya sesuai data yang diperoleh di lapangan. Penulis menggali data yang dianggap sesuai dengan penelitian ini. Data yang akan digali dalam penelitian ini sebagai berikut: aspek guru dalam mengajar, yaitu data problematika guru dalam mengajar, aspek siswa, kesulitan-kesulitan siswa dalam belajar bahasa Indonesia, dan aspek materi dan media pembelajaran yang mendukung proses belajar-mengajar bahasa Indonesia. Kata kunci: kurikulum, problematika, guru, siswa, dan media 
MEANING OF LIFE THREE AMAZING THINGS ABOUT YOU AND 728 HARI Elsa Dita
Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra dan Budaya Vol 7, No 1 (2020): JURNAL EDUKASI KULTURA
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/edukasi kultura.v1i1.18322

Abstract

Abstract This thesis entitled "Meaning of Life on the Leading Character in Mansell’s Three Amazing Things about You and Oesman’s 728 Hari : A Comparative Literature Analysis ". This thesis discusses about meaning of life that can be seen by three areas of activity. There are two problems that focused in this thesis; meaning of life portrayed in the novel Three Amazing Things about You by Jill Mansell and 728 Hari by Djono W. Oesman and the similarities and the differences of meaning of life portrayed in the both of the novels. The method of research that is used in this thesis is qualitative method. Both of the novels are the primary source of data by using theory logotherapy by Viktor Emil Frankl and theory comparative literature which is will be compare in this study. The purpose of this thesis is to find out how meaning of life and how the similarities and the differences of meaning of life are portrayed in the both of the novels. From this research it is found that meaning of life can be prove from three areas of activity that potentially contain values, they  are, creative values, experiential values and attitudinal values that portrayed in both of novels. Keywords: meaning of life, comparative, literature
PENGARUH PENERAPAN TEKNIK PEMBELAJARAN TRI FOKUS STEVE SNYDER TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA EFEKTIF Rizca Maya Sari
Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra dan Budaya Vol 2, No 1 (2015): JURNAL EDUKASI KULTURA
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/kultura.v1i1.5175

Abstract

This study aimed to determine the effect of learning techniques Tri Focus SteveSnyder to improved reading skills effectively. The population in this research were 260students of class X SMA Negeri 1 Talawi Coal District. The sample in this studyamounted to 43 people were taken to probaliti techniques. The instruments used to collectthe data is an essay test. The method used in this study is a quasi-experimental or quasiexperiment. Of processing the data obtained with the pre test mean = 63.13, standarddeviation = 7.23. The results of the post-test mean = 81.04, standard deviation = 7.43,then didapatlah t0 at 11.26. Furthermore t0 is known, then consulted with ttabel at 5%significance level with df = n-1 = 43-1 = 42. df = 42 obtained from the level ofsignificance of 5% = 2.02. Because t0 obtained greater than ttable ie 19.88> 2.02, thenull hypothesis (Ho) is rejected and the alternative hypothesis (Ha) is accepted.Concluded that there is a significant influence on the use of learning techniques TriFocus Steve Snyder to improved reading skills effectively 2nd semester class X SMANegeri 1 Talawi District Coal learning year 2009/2010.
ANALISIS PUISI “CINTAKU JAUH DI PULAU” KARYA CHAIRIL ANWAR DENGAN PENDEKATAN STRATA NORMA Elfiyani Elfiyani
Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra dan Budaya Vol 3, No 2 (2016): JURNAL EDUKASI KULTURA
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/kultura.v1i2.5198

Abstract

Penelitian ini membahas tentang analisis puisi yang berjudul “CintakuJauh Di Pulau” karya Chairil Anwar dengan suatu pendekatan sastra. Adapunpendekatan yang digunakan yaitu strata norma. Karya sastra tidak hanya terdiridari satu sistem norma, melainkan dari beberapa strata (lapis) norma, diantaranyalapis bunyi, lapis arti, lapis objek, lapis dunia lapis metafisis.
ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA INDONESIA RAGAM TULIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BABALAN PANGKALAN BERANDAN Lina Meriaty Simbolon
Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra dan Budaya Vol 5, No 1 (2018): JURNAL EDUKASI KULTURA
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/kultura.v1i1.11722

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan berbahasa dalam karangan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Babalan Pangkalan Berandan  berdasarkan kategori linguistik (fonologi, morfologi, sintaksis, dan leksikon). Penelitian ini juga bertujuan mendeskripsikan interferensi B1 (bahasa Jawa, Melayu, batak karo dan batak toba) terhadap bahasa Indonesia dalam karangan siswa tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analistis. Data diperoleh dari 140  karangan yang dibuat dua kali oleh  70 orang siswa dari gabungan Kelas VIIIa dan VIIIb SMP Negeri 1 Babalan Pangkalan Berandan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes mengarang, hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya kesalahan fonologi, morfologi, sintaksis, dan  leksikon. Berdasarkan hasil pengamatan, kesalahan di bidang fonologi jumlahnya lebih besar daripada tiga kesalahan di bidang yang lain. Selain itu, ditemukan bahwa kesalahan berbahasa dalam karangan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Babalan Pangkalan Berandan oleh pengaruh B1 siswa dan juga kegagalan merefleksikan ciri-ciri umum kaidah bahasa Indonesia yang sedang dipelajari. Kata-kata kunci : analisis kesalahan berbahasa, ragam tulis

Page 1 of 18 | Total Record : 178