Edukasi Kultura
Vol 3, No 1 (2016): JURNAL EDUKASI KULTURA

PEMEROLEHAN BAHASA ANAK USIA 7 TAHUN 3 BULAN DALAM BIDANG SINTAKSIS

Chairul Bachri Siregar (Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemerolehan bahasa anak usia 7 tahun 3 bulan yang bernama Jefri Andana dalam bidang sintaksis. Sumber data dalam penelitian ini adalah ucapan lisan anak usia 7 tahun 3 bulan yang bernama Jefri Andana dalam bi)
Rizca Maya Sari (Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemerolehan bahasa anak usia 7 tahun 3 bulan yang bernama Jefri Andana dalam bidang sintaksis. Sumber data dalam penelitian ini adalah ucapan lisan anak usia 7 tahun 3 bulan yang bernama Jefri Andana dalam bi)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemerolehan bahasa anak usia 7tahun 3 bulan yang bernama Jefri Andana dalam bidang sintaksis. Sumber datadalam penelitian ini adalah ucapan lisan anak usia 7 tahun 3 bulan yang bernamaJefri Andana dalam bidang sintaksis. Hasil penelitian menunjukkan bahwapemerolehan bahasa anak usia 7 tahun 3 bulan sudah banyak menghasilkan katadalam setiap aktivitasnya. Hal tersebut dapat dilihat dari pembicaraannya seharihariyang sudah lancar. Kalimat yang diucapkan Jefri sudah mulai mengarah kekalimat kompleks. Jefri sudah mampu membuat kalimat deklaratif (kalimat berita)dan imperatif (kalimat perintah). Hal tersebut terlihat dari banyaknya ujaran Jefridalam pembentukan kalimat deklaratif sebanyak 15 kalimat dan kalimat imperatifsebanyak 8 kalimat. Sedangkan dalam pembentukan kalimat interogatif, Jefri kurangmampu. Hal tersebut dapat terlihat dari banyaknya ujaran Jefri dalam pembentukankalimat interogatif sebanyak 1 kalimat. Dan Jefri tidak mampu membuat kalimatekslamatif (kalimat seru). Hal tersebut dapat dilihat dalam ujaran Jefri dalampembentukan kalimat ekslamatif sebanyak 0 kalimat.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

kultura

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Edukasi Kultura merupakan jurnal elektronik dan cetak nasional yang merupakan wadah penerbitan artikel penelitian original yang terkait dengan penelitian pendidikan bahasa, sastra, dan budaya. Jurnal ini dikelola oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia PPs Universitas Negeri Medan. ...