Edukasi Kultura
Vol 2, No 2 (2015): JURNAL EDUKASI KULTURA

PEMEROLEHAN BAHASA ANAK USIA TIGA TAHUN BERDASARKAN TONTONAN KESUKAANNYA DITINJAU DARI KONTRUKSI SEMANTIK

Nurjamiaty Nurjamiaty (Pemerolehan bahasa (language acquisition) adalah proses-proses yang berlaku di dalam otak seorang anak ketika memperoleh bahasanya. Proses-proses ketika anak sedang memperoleh bahasa terdiri dari dua aspek: pertama aspek performance yang terdiri dari)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2015

Abstract

Pemerolehan bahasa (language acquisition) adalah proses-proses yangberlaku di dalam otak seorang anak ketika memperoleh bahasanya. Proses-prosesketika anak sedang memperoleh bahasa terdiri dari dua aspek: pertama aspekperformance yang terdiri dari aspek-aspek pemahaman dan pelahiran. Kedua aspekkompetensi (kemampuan linguistik). Kemampuan linguistik anak terdiri dari tigakomponen, yaitu: kemampuan fonologi, semantik dan kalimat. Ketiga komponen inidiperoleh anak secara serentak atau bersamaan. Pemerolehan bahasa ini lazim jugadibagi menjadi pemerolehan sintaksis dan pemerolehan semantik. Pemerolehansemantik adalah pemerolehan leksikon atau kosakata.Tahapan-tahapan pemerolehanbahasa anak di seluruh dunia pada dasarnya adalah melalui proses yang sama hinggaditemukan kerumitan-kerumitan linguistik yang timbul pada anak usia dini.Kesamaan tersebut, menurut pandangan kaum mentalistik, merupakan bekal kodratipada saat lahir. Mengingat pentingnya masa keemasan (golden age) pada anak-anak,yaitu usia 0-6 tahun, pada masa ini pertumbuhan otak mengalami perkembanganyang sangat pesat, maka anak perlu stimulus yang dapat meningkatkan seluruhpotensinya. Potensiyang dimaksud antara lain kemampuan berbahasa, beretika,sosial, kognitif, seni, dan fisik.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

kultura

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Edukasi Kultura merupakan jurnal elektronik dan cetak nasional yang merupakan wadah penerbitan artikel penelitian original yang terkait dengan penelitian pendidikan bahasa, sastra, dan budaya. Jurnal ini dikelola oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia PPs Universitas Negeri Medan. ...