Edukasi Kultura
Vol 2, No 2 (2015): JURNAL EDUKASI KULTURA

SASTRA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA

Ririn Ayu Wulandari (Sastra memiliki peran yang sangat penting dalam pendidikan karakter. Hal ini disebabkan, karena karya sastra pada dasarnya membicarakan berbagai nilai-nilai kehidupan yang berkaitan langsung dengan pembentukkan karakter siswa. Sastra dalam pendidikan)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2015

Abstract

Sastra memiliki peran yang sangat penting dalam pendidikan karakter. Halini disebabkan, karena karya sastra pada dasarnya membicarakan berbagai nilai-nilaikehidupan yang berkaitan langsung dengan pembentukkan karakter siswa. Sastradalam pendidikan berperan untuk mengembangkan bahasa, aspek kognitif, afektif,psikomotorik, kepribadian, dan pribadi sosial siswa. Sastra sebagai mediapembelajaran dapat dimanfaatkan secara reseptif dan ekspresif dalam pembentukankarakter. Pemanfaatan secara reseptif dimaksud yaitu karya sastra sebagai mediapembentukan karakter dilakukan dengan pemilihan bahan ajar dan pengelolaanproses pembelajaran. Adapun pemanfaatan secara ekspresif dimaksud yaitu karyasastra sebagai media pembentukan karakter dengan cara mengelola emosi, perasaan,semangat, pemikiran, ide, gagasan, dan pandangan siswa ke dalam bentuk kreativitasmenulis berupa novel dan cerpen, dan bermain drama, teater atau film. Oleh karenaitu, siswa yang telah memahami sastra dapat mengalami pembentukan karaktermenjadi lebih baik.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

kultura

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Edukasi Kultura merupakan jurnal elektronik dan cetak nasional yang merupakan wadah penerbitan artikel penelitian original yang terkait dengan penelitian pendidikan bahasa, sastra, dan budaya. Jurnal ini dikelola oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia PPs Universitas Negeri Medan. ...