Edukasi Kultura
Vol 3, No 2 (2016): JURNAL EDUKASI KULTURA

PENELITIAN ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA

Reni Supriani (Salah satu hambatan dalam proses komunikasi adalah kurangnya keterampilan berbahasa. Wujud dari kurangnya keterampilan berbahasa itu antara lain disebabkan oleh kesalahan-kesalahan berbahasa. Kesalahan-kesalahan berbahasa ini menyebabkan gangguan ter)
Ida Ramadhani Siregar (Salah satu hambatan dalam proses komunikasi adalah kurangnya keterampilan berbahasa. Wujud dari kurangnya keterampilan berbahasa itu antara lain disebabkan oleh kesalahan-kesalahan berbahasa. Kesalahan-kesalahan berbahasa ini menyebabkan gangguan ter)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2016

Abstract

Salah satu hambatan dalam proses komunikasi adalah kurangnyaketerampilan berbahasa. Wujud dari kurangnya keterampilan berbahasa itu antaralain disebabkan oleh kesalahan-kesalahan berbahasa. Kesalahan-kesalahanberbahasa ini menyebabkan gangguan terhadap peristiwa komunikasi, kecualidalam hal pemakaian bahasa secara khusus seperti dalam lawak, jenis iklantertentu, serta dalam puisi. Dalam pemakaian bahasa secara khusus itu, kadangkadangkesalahan berbahasa sengaja dibuat atau disadari oleh penutur untukmencapai efek tertentu sepeti lucu, menarik perhatian dan mendorong berpikir lebihintens. Walaupun perhatian terhadap kesalaahan berbahasa belum begitu banyak,tetapi pikiran-pikiran tentang kaitan antara kesalahan berbahasa dengan prosesbelajar bahasa dalam waktu yang relatif singkat telah banyak mengalamiperkembangan. Sejalan dengan itu berbagai permasalahannya diantaranya Apayang dimaksud dengan kesalahan berbahasa dan Bagaimanakah taksonomi ketegorilinguistik dan siasat permukaan? Dalam dunia pengajaran bahasa perhatianterhadap kesalahan berbahasa baru berkembang selama waktu yang relatif belumlama. Walaupun perhatian terhadap kesalaahan berbahasa belum begitu banyak,tetapi pikiran-pikiran tentang kaitan antara kesalahan berbahasa dengan prosesbelajar bahasa dalam waktu yang relatif singkat telah banyak mengalamiperkembangan. Perkembangan pemikiran yang berkenaan dengan hubungan antarakesalahan berbahasa dengan proses belajar bahasa tersebut sejalan dengan hasilanalisis yang diharapkan dapat membantu guru dalam hal menentukan urutanbahan pengajaran, memutuskan pemberian penekanan, penjelasan dan praktik yangdiperlukan, memberikan remidi dan latihan-latihan, dan memilih butir-butir bahasakedua untuk keperluan tes profisiensi pembelajar.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

kultura

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Edukasi Kultura merupakan jurnal elektronik dan cetak nasional yang merupakan wadah penerbitan artikel penelitian original yang terkait dengan penelitian pendidikan bahasa, sastra, dan budaya. Jurnal ini dikelola oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia PPs Universitas Negeri Medan. ...