Edukasi Kultura
Vol 2, No 2 (2015): JURNAL EDUKASI KULTURA

PENGARUH METODE OUTBOND DAN MINAT BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA (EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS VIII SMP KEBUMEN 2 DAN MTSN TRIWARNO KUTOWINANGUN KEBUMEN)

Sahri Nova Yoga (Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) ada tidaknya perbedaan antara keterampilan berbicara siswa yang diajar dengan metode outbond dan siswa yang diajar dengan metode konvensional
(2) ada tidaknya perbedaan keteranpilan berbicara antara sisw)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) ada tidaknya perbedaanantara keterampilan berbicara siswa yang diajar dengan metode outbond dan siswayang diajar dengan metode konvensional; (2) ada tidaknya perbedaan keteranpilanberbicara antara siswa yang memiliki minat belajar tinggi dan siswa yang memilikiminat belajar rendah; dan (3) terdapat tidaknya interaksi antara metode outbond danminat belajar dalam mempengaruhi keterampilan berbicara siswa. Metode penelitianyang digunakan adalah eksperimen dengan desain factorial 2x2. Populasi penelitianini adalah siswa SMP Kebumen 2 dan MTsN Triwarno Kutowinangun Kebumen;sedangkan sampel penelitian diambil dari siswa kelas VIII sebanyak 80 siswa, yangdirinci 40 siswa untuk kelas eksperimen diambil dari SMP Kebumen 2, dan 40 Siswayang lain untuk kelas control atau pembanding diambil dari MTsN TriwarnoKutowinangun Kebumen. Sampel tersebut diambil dengan teknik two stage randomsampling. Teknik pengumpulan data keterampilan berbicara digunakanangket.Teknik analisis data menggunakan analisis varian dua jalur. Hasil penelitian adalah(1) ada perbedaan yang signifikan antara keterampilan berbicara siswa yang diajardengan metode outbond dan siswa yang diajar dengan metode konvensional. Hal initerlihat pada perolehan hasil sebesar 63,16 > sebesar 3,97 pada taraf α = 0,05dengan dk pembilang 1 dan dk penyebut 76; (2) ada perbedaan yang signifikanantara keterampilan berbicara siswa yang memiliki minat belajar tinggi dan siswayang memiliki minat belajar rendah. Hal ini terlihat pada perolehan hasil sebesar95,85 > sebesar 3,97 pada taraf α = 0,05 dengan dk pembilang 1 dan dk penyebut76; (3) terdapat interaksi yang signifikan antara metode outbond dan minat belajardalam mempengaruhi keterampilan berbicara siswa. Hal ini terlihat pada perolehanhasil sebesar 20,72 > sebesar 3,97 pada taraf α = 0,05 dengan dk pembilang 1dan dk penyebut 76.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

kultura

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Edukasi Kultura merupakan jurnal elektronik dan cetak nasional yang merupakan wadah penerbitan artikel penelitian original yang terkait dengan penelitian pendidikan bahasa, sastra, dan budaya. Jurnal ini dikelola oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia PPs Universitas Negeri Medan. ...