Edukasi Kultura
Vol 1, No 2 (2014): JURNAL EDUKASI KULTURA

Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Menyimak Puisi Siswa Melalui Penggunaan Media Elektronik Pada Siswa SMK Negeri 1 Stabat

Ainur Rasyidah Nasution (Metode pengajaran bahasa Indonesia yang cenderung monoton menyebabkan siswa SMK kurang tertarik dan merasa jenuh dalam mengikuti pembelajaran. Kekurangtertarikan siswa dalam mengikuti mata pelajaran bahasa Indonesia dapat disiasati dengan meyusun per)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2014

Abstract

Metode pengajaran bahasa Indonesia yang cenderung monotonmenyebabkan siswa SMK kurang tertarik dan merasa jenuh dalam mengikutipembelajaran. Kekurangtertarikan siswa dalam mengikuti mata pelajaran bahasaIndonesia dapat disiasati dengan meyusun perencanaan dan desain yang menuntutkeaktifan dan kreatifitas siswa dalam kelas. Materi menyimak puisi di kelas XIISMK dapat diajarkan dengan menggunakan media elektronik (tape recorder) sebagaialat bantu untuk memotivasi keaktifan siswa. Pemilihan media dan lagu yangdijadikan bahan apresiasi disesuaikan dengan minat dan tingkat perkembangansiswa. Ternyata metode ini mampu menciptakan suasana belajar yang santai,menyenangkan dan tidak membuat siswa bosan. Siswa begitu aktif dan antusiasmengikuti pelajaran. Kondisi ini berdampak pada motivasi belajar yang ditunjukkandengan aktivitas belajar yang lebih baik dan hasil belajar siswa yang menunjukkanketuntasan belajar mencapai  75 %.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

kultura

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Edukasi Kultura merupakan jurnal elektronik dan cetak nasional yang merupakan wadah penerbitan artikel penelitian original yang terkait dengan penelitian pendidikan bahasa, sastra, dan budaya. Jurnal ini dikelola oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia PPs Universitas Negeri Medan. ...