Creative Research Management Journal
Vol 2 No 2 (2019): December

REAKSI PASAR MODAL SYARIAH DAN KONVENSIONAL TERHADAP EVENT POLITIK DI BURSA EFEK INDONESIA

Idham Lakoni (Universitas Prof.Dr. Hazairin,SH Bengkulu)
Melvi Yansi (Universitas Prof.Dr. Hazairin,SH Bengkulu)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini membahas reaksi pasar modal syariah dan konvensional terhadap event politik di Bursa Efek Indonesia. Tujuan penelitian untuk mengetahui reaksi pasar modal syariah dan konvensional Indonesia terhadap event politik di BEI serta menguji perbedaan kinerja saham syariah dengan saham konvensional. Penelitian bersifat diskriptif dan komparatif. Data kuantitatif dengan sumber data sekunder dalam bentuk harian selama bulan April 2019 serta meggunakan metode purvosive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selisih indeks pembukaan dan penutupan saat menjelang dan setelah pemilu menunjukkan perubahan yang signifikan terutama pada -3 dan +3. Persentase tertinggi sebesar 93,8% sedangkan pergerakan indek terendah terjadi diakhir bulan sebesar 6,3%. Market return selama periode penelitian yakni -8 dan +8 menunjukkan tidak ada volatilitas yang ekstrim. Indek JII sebelum maupun setelah pemilu serentak begitupun untuk ILQ45 menunjukkan ? lebih kecil dari nilai sig atau {0,05 < 0,11} sedangkan IHSG 0,05 > 0,007 artinya terdapat hubungan signifikan compare means paired sample ttes hasil menunjukkan JII thitung ? ttabel atau 4,814 > 2,447 Untuk ILQ45 0,394 < 2,447 maka Ho diterima dan Ha ditolak, jadi tidak ada perbedaan signifikan dan IHSG 1,732 < 2,447 maka Ho diterima dan Ha ditolak. Jadi Tidak ada perbedaan signifikan indeks IHSG sebelum maupun setelah pemilu serentak (Pileg dan Pilpres)

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

crmj

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Industrial & Manufacturing Engineering Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah CREATIVE RESEARCH MANAGEMENT JOURNAL dikelola dan diterbitkan Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Unihaz merupakan media publikasi hasil penelitian dalam bidang ilmu manajemen dan bisnis, termasuk aplikasinya, baik marketing, finance, operational, management information system, human ...