Dewa Ruci : Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Seni
Vol 12, No 2 (2017)

MUSIK VOKAL ETNIK MINAHASA BUDAYA TRADISI DAN POPULER BARAT

Alrik Lapian (Program Pascasarjana Studi Pengkajian dan Penciptaan Seni Minat Pengkajian Seni Musik Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta.)
Aton Rustandi Mulyana (Program Pascasarjana Studi Pengkajian dan Penciptaan Seni Minat Pengkajian Seni Musik Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta.)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2019

Abstract

AbstrakPerkembangan musik vokal di Minahasa memperlihatkan pengaruh budaya Barat yang kuat. Musik-musik tradisi Minahasa khususnya lagu beserta gaya-gaya tradisinya bercampur dengan pola-pola musik populer Barat, dari bentuk lagu hingga alat musik yang digunakan mengacu pada musik populer. Musik vokal etnik Minahasa dengan berbagai elemen musiknya hampir hilang wujudnya dalam perpaduan tersebut. Oleh sebab itu dengan pendekatan budayadan konsep-konsep musik vokal etnik Minahasa, tulisan ini menunjukkan ciri khas budaya Minahasa dan praktek bernyanyi etnik Minahasa pada musik tradisi dan musi populer Barat.Kata Kunci: Budaya, Musik, Minahasa, Populer.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

dewaruci

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

International Journal of Visual and Performing Arts draws its contributions from academics and practitioner-researchers at the interface of new visual and performing arts. It acts as a forum for critical scholarship, innovative practice, and creative pedagogy, addressing themes that may be ...