Kurang optimalnya komunikasi dua arah antara guru dan peserta didik diantaranya disebabkan oleh kurang menariknya bahan ajar yang tersedia dan kurangnya kreatifitas guru dalam mengembangkan bahan ajar. Komik dapat digunakan sebagai bahan ajar alternatif untuk menarik minat belajar siswa. Komik merupakan media yang dapat digunakan untuk menyajikan materi berupa gambar dan teks. Belajar dengan menggunakan komik yang terdiri dari gambar dan teks mampu menarik minat belajar peserta didik, sehingga peserta didik mampu memahami dan mengingat materi yang disampaikan. Komponen visual yang disajikan pada komik akan membantu siswa dalam menyerap informasi. Melalui stimulus visual, otak akan lebih mudah mengingat hal yang pernah dilihat daripada hanya sekedar mendengarkan informasi. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan bahan ajar berupa komik pada materi rangkaian listrik ac. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah model pengembangan dari Lee dan Owens. Terdapat lima langkah pada model pengembangan Lee dan Owens yaitu: (1) penilaian kebutuhan dan analisis, (2) Desain, (3) Pengembangan, (4) impleentasi, (5) evaluasi. Hasil validasi dari validator adalah 91,67%, hasil uji coba kelompok kecil diterapkan pada 15 siswa, komik mendapat validitas 85,50%, hasil dari ujicoba pemakaian lapangan diterapkan pada 75 siswa, mendapat validitas 87,28%, dan hasil perolehan nilai belajar siswa menunjukkan baik dengan perolehan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 73,33.
Copyrights © 2020