Menopause Latar belakang: Kematian ibu yang masih sangat tinggi menunjukkan kualitas pelayanan kesehatan maternal yang masih rendah termasuk Antenatal Care (ANC) pada ibu hamil. Pelayanan yang bermutu adalah pelayanan yang memuaskan pelanggan sesuai standar dan etika profesi dan penyebab utama masalah mutu adalah ketidak patuhan pada unsur proses dalam standar pelayanan. Tujuan: untuk mengetahui hubungan antara komunikasi bidan dan kualitas pelayanan antenatal care dengan kepuasan ibu hamil di Poskeskel Boting Kota Palopo Tahun 2018. Metode: penelitian ini menggunakan metode penelitian cross sectional. Populasi dalam penelitian ini semua ibu hamil yang melakukan kunjungan ANC di Poskeskel Boting Kota Palopo tahun 2018. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 33 ibu hamil. Teknik pengambilan sampel accidental sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data diolah menggunakan SPSS dan dianalisis secara deskriptif dan bivariat dengan fisher’s exact test serta disajikan dalam bentuk tabel. Hasil: ada hubungan antara komunikasi bidan (nilai p= ,023), kualitas pelayanan antenatal care (nilai p= ,011) dengan kepuasan ibu hamil. Kesimpulan: ada hubungan antara komunikasi bidan dan kualitas pelayanan antenatal care dengan kepuasan ibu hamil di Poskeskel Boting Kota Palopo tahun 2018.
Copyrights © 2018