Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga
Vol 15, No 1 (2016): June

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KONSEP DIRI TERHADAP KETERAMPILAN SMASH BULUTANGKIS

Andi Taufan Bayu Dewantara Alsaudi (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2016

Abstract

Pengaruh  Strategi  Pembelajaran  Dan  Konsep  Diri  Terhadap Keterampilan Smash Bulutangkis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan pengaruh antara penggunaan gaya  mengajar latihan dan  gaya  mengajar komando dengan konsep diri terhadap keterampilan smash bulutangkis pada siswa kelas X SMA ADI LUHUR Jakarta Timur. Penelitian ini dimulai tanggal 24 April – 29 Mei2013 di lapangan SMA ADI LUHUR Jakarta Timur. Pertemuan berlangsung selama 90 menit dengan frekuensi tiga kali pertemuan dalam seminggu dengan jumlah pertemuan sebelas kali. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen lapangan, desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah factorial 2x2. Teknik pengambilan sampel dengan cara random sampling. Instrumen penelitian dilakukan berdasarkan penilaian kuantitatif yaitu pada teknik keterampilan pukulan smash bulutangkis. Teknik analisa data dalammenguji hipotesis penelitian ini  menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan ujikelanjutan hipotesis menggunakan uji tukey. Data yang harus dikumpulkan dalam penelitian ini meliputi : data proses teknik belajar pukulan smash bulutangkis, dan data konsep diri. Untuk memperoleh data proses belajar pukulan smash dilakukan tes keterampilan  smash   bulutangkis.  Sedangkan  untuk   memperoleh  data   konsep   diri dilakukan dengan tes skala likert.Hasil penelitian menunjukkan pertama, terdapat perbedaan hasil keterampilan smash bulutangkis antara gaya mengajar latihan dengan gaya mengajar komando secara keseluruhan didapat Fh   = 53.34 dan Ft   = 4,00, Dengan demikian Fo> Ft, sehingga Hoditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan, terdapat perbedaan yang nyata antara gaya mengajar latihan dan gaya mengajar komando terhadap hasil keterampilan smash. Dengan perkataan lain bahwa hasil keterampilan smash denganmenggunakan gaya mengajar latihan ( X  = 136.79; sd = 28.11) lebih baik dari pada gaya mengajar  komando( X   =  135.46;  sd  =  30.11).  Kedua,  terdapat  perbedaan  hasilketerampilan  smash  bulutangkis  antara  gaya  mengajar  latihan  dan  gaya  mengajarkomando bagi kelompok konsep diri tinggi diperoleh Qh  = 5,25 dan Qt = 1.70. Dengan demikian Qhlebih besar  dari  Qt,  sehingga Ho  ditolak.  Kesimpulan, bagi  siswa  yang memiliki tingkat konsep diri tinggi, hasil keterampilan smash dengan gaya mengajarlatihan ( X  = 73,13 dan S = 9,89) lebih baik dari gaya mengajar komando ( X = 70,73 dan S = 14,32). Ketiga, terdapat perbedaan hasil keterampilan smash bulutangkis antara gaya mengajar latihan dan gaya mengajar komando bagi kelompok konsep diri rendah diperoleh hasil, Qh= -2,01< Qt   = 1.70. Artinya, Ho diterima, dan H1   ditolak. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa bagi siswa yang memiliki tingkat konsep diri rendah, dari hasil keterampilan smash yang diajar dengan gaya mengajar komando ( X  = 64,73 ; s= 16,35) dan gaya mengajar latihan ( X  = 63,66; s = 18,22) tidak memberikan perbedaan yang signifikan pada taraf α: 0,05. Keempat, terdapat interaksi antara gaya mengajar dan konsep diri terhadap hasil keterampilan smash bulutangkis diperoleh harga hitung Fo interaksi (FAB) = 53,34 dan F tabel = 4.00. Tampak bahwa F hitung > F tabel, sehingga H0 ditolak. dan H1 diterima.Dengan  demikian  dapat  disimpulkan  bahwa  terdapat  interaksi  antara  gayamengajar dan konsep diri terhadap hasil   keterampilan smash bulutangkis. Berdasarkanhasil analisis data tersebut, dapat disimpulkan bahwa, secara keseluruhan gaya mengajar latihan memiliki pengaruh lebih baik jika dibandingkan dengan gaya mengajar komando terhadap hasil belajar keterampilan smash bulutangkis pada siswa kelas X SMA ADI LUHUR Jakarta Timur. Kata Kunci: Gaya mengajar latihan, Gaya mengajar komando, Konsep diri,Hasil keterampilan smash bulutangkis.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

multilateralpjkr

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat, Jurnal ini terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember, berisi artikel hasil penelitian dan kajian analisis kritis setara ...