Variabel
Vol 3, No 1 (2020): APRIL 2020

Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Materi Rumus Senyawa dan Tata Nama Senyawa Kimia

Haryanti Tri Wahyuni (SMA Negeri 1 Wirosari, Grobogan)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2020

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman dan aktivitas siswa dalam menyusun rumus dan memberi nama senyawa kimia dengan model Project Based Learning. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus pembelajaran dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 4 SMA Negeri 1 Wirosari. Data dikumpulkan melalui teknik tes berupa tes hasil belajar siswa dan teknik non tes berupa observasi dan wawancara. Data dianalisis secara persentase deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan ketuntasan belajar siswa dari 13,89% siswa yang tuntas pada prasiklus menjadi 19,44% pada siklus-1 dan mengalami kenaikan yang signifikan pada siklus-2 menjadi 80,56% dan terdapat peningkatan aktivitas siswa dimana saat pembelajaran siswa lebih aktif. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi rumus senyawa dan tata nama senyawa kimia.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jvar

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Mathematics Physics

Description

Variabel is a peer-reviewed scientific open access, with e-ISSN: 2599-3038 and p-ISSN: 2599-302X published by Institute of Managing and Publication of Scientific Journals at STKIP Singkawang. Variabel is firstly published in 2018 and periodically published twice per year on April and October. ...