Variabel
Vol 1, No 2 (2018): OCTOBER 2018

Pengaruh Metode Pembelajaran Improve terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Kelas X SMA Negeri 4 Singkawang

Nurul Amala (Program Studi Pendidikan Matematika, STKIP Singkawang, Indonesia)
Mariyam Mariyam (Program Studi Pendidikan Matematika, STKIP Singkawang, Indonesia)
Nindy Citroresmi Prihatiningtyas (Program Studi Pendidikan Matematika, STKIP Singkawang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2018

Abstract

Secara khusus penelitian ini bertujuan; 1) Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran improve terhadap pemahaman konsep pada materi sistem persamaan linear tiga variabel; 2) Untuk mengetahui aktivitas siswa selama diterapkannya metode improve; 3) Untuk mengetahui motivasi belajar siswa setelah dilaksanakannya metode improve. Jenis penelitian ini adalah True Eksperimental dengan desain penelitian Posttest Only Control Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pemahaman konsep matematis siswa, lembar obsevasi aktivitas siswa, dan angket motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh metode pembelajaran improve terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas X SMA Negeri 4 Singkawang 2) aktivitas belajar siswa  selama diajarkan dengan metode improve tergolong aktif; 3) Motivasi belajar siswa setelah diajarkan dengan metode improve tergolong tinggi.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jvar

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Mathematics Physics

Description

Variabel is a peer-reviewed scientific open access, with e-ISSN: 2599-3038 and p-ISSN: 2599-302X published by Institute of Managing and Publication of Scientific Journals at STKIP Singkawang. Variabel is firstly published in 2018 and periodically published twice per year on April and October. ...