Variabel
Vol 2, No 1 (2019): APRIL 2019

Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Himpunan Kelas VII SMP Negeri 9 Singkawang

Vinasari Nurbayanti (Program Studi Pendidikan Matematika, STKIP Singkawang, Singkawang, Indonesia)
Resy Nirawati (Program Studi Pendidikan Matematika, STKIP Singkawang, Singkawang, Indonesia)
Mariyam Mariyam (Program Studi Pendidikan Matematika, STKIP Singkawang, Singkawang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi himpunan kelas VII SMP Negeri 9 Singkawang. Penelitian ini merupakan penelitian true experiment dengan desain penelitian pretest posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 9 Singkawang, dan ditentukan dengan teknik simple random sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran TGT, dan VII B sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung. Instrumen atau teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes kemampuan pemahaman konsep, lembar pengamatan aktivitas dan angket motivasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengetahui perbedaan peningkatan pemahaman konsep matematis siswa di kelas kontrol dan kelas eksperimen yaitu dengan mrenggunakan uji-t, untuk mengetahui aktivitas siswa yaitu dengan menggunakan persentase aktivitas siswa per indikator dan untuk mengetahui motivasi belajar siswa menggunakan rata-rata dari skor angket yang diberikan. Berdasarkan analisis data yang diperoleh dan dianalisis menggunakan uji-t dua sampel diperoleh = 16,44, sedangkan  5% dengan dk = 54 adalah 2,00 sehingga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas yang menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournaments lebih efektif dibanding kelas yang menggunakan pembelajaran langsung. Aktivitas siswa diperoleh rata-rata sebesar 80,26%, dengan kategori aktif dan motivasi belajar siswa diperoleh rata-rata sebesar 74,17 dengan kategori tinggi.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jvar

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Mathematics Physics

Description

Variabel is a peer-reviewed scientific open access, with e-ISSN: 2599-3038 and p-ISSN: 2599-302X published by Institute of Managing and Publication of Scientific Journals at STKIP Singkawang. Variabel is firstly published in 2018 and periodically published twice per year on April and October. ...