NANAEKE
Vol 2 No 2 (2019)

PENGELOLAAN LINGKUNGAN PEMBELAJARAN DI PAUD KEMALA BAYANGKARI

Wahyuni Ismail (Uiversitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Rauhun Rauhun (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Mutmainnah Mutmainnah (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Nurwahilda Nurwahilda (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Misbawati Misbawati (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Uswatun Hasanah (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen desain tata letak lingkungan indoor dan outdoor PAUD di TK Kemala Bhayangkari. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi dengan subjek  penelitian satu seorang guru dan  kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TK Kemala Bhayangkari berusaha menciptakan (1) lingkungan psikis yang nyaman bagi anak, yaitu guru selalu berusaha memberikan pengawasan dan perhatiaan kepada anak didiknya. Misalnya ketika anak sedang berebut mainan, guru selalu untuk mendekati anak dan menenangkan anak dengan mengalihkan anak ke permainan yang lain. (2)  Lingkungan fisik yang mengutamakan prinsip keserasian, keindahan, keseimbangan, tata artistic, keamanan, nilai ekonomis dan kesatupaduan dalam manajemen desain lingkungan. Lingkungan fisik terdiri atas outdoor dan indoor. Lingkungan outdoor pada  lingkungan  belajar bukan hanya sebagai sarana untuk  bermain tetapi sebagai sarana bagi anak untuk mengeksplorasikan keinginannya. Pada  lingkungan indoor yang terdiri atas ruang kelas, ruang UKS, ruang bermain, ruang dapur dan toilet telah memenuhi beberapa prinsip pengelolaan desain lingkungan  pada  pendidikan  anak  usia dini .

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

nanaeke

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences

Description

NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education aims to provide a forum for researchers in education, especially from Islamic studies to publish the original articles. The scope of NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education is teaching and learning, education policy, ...