Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 10, No 1 (2018)

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBASIS POTENSI LOKAL MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN

Ahya Mujahidin (Universitas Negeri Malang)
Triastono Imam Prasetyo (Unknown)
Siti Imroatul Maslikah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2018

Abstract

Potensi lokal idealnya dapat dihadirkan dalam pembelajaran yang dapat menunjang proses inkuiri siswa. Selama ini, mayoritas guru masih berfokus pada buku teks dan belum mengoptimalkan potensi lokal untuk membelajarkan materi Biologi, termasuk materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran model inkuiri terbimbing materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4-D oleh Thiagarajan, namun hanya dilakukan sampai tahap develop saja. Data hasil penelitian berupa data kuantitatif dan kualitatif. Hasil menunjukkan bahwa persentase skor validasi perangkat pembelajaran berupa Silabus, RPP, LKS, dan Instrumen Penilaian menghasilkan rata-rata sebesar 91,92% (sangat valid dan layak digunakan). Hasil uji kepraktisan penggunaan perangkat pembelajaran diperoleh persentase rata-rata 88,96% (sangat praktis digunakan). Data uji keefektifan menunjukkan bahwa skor rata-rata kompetensi siswa sebesar 84,31. Kompetensi ranah pengetahuan menunjukkan ketuntasan siswa pada kompetensi ranah pengetahuan sejumlah 85,18%.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jpb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology

Description

Jurnal Pendidikan Biologi (JPB) publishes peer-reviewed research of special importance and broad interest in any area of biology education by research and or result of conceptual studies. ...