Nady al-Adab
Vol. 17 No. 1 (2020): Nady al-Adab

تعليم اللغة العربية عن بعد وتطوره في جامعة حسن الدين مكاسر

Najmuddin H. Abd. Safa (Unknown)
Yusring Sanusi. B. (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2020

Abstract

Artikel ini membahas tentang perkembangan pembelajaran bahasa Arab di Universitas Hasanuddin.  Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Data yang ditampilkan dari dokumen laporan program studi bahasa dan dokumen Universitas Hasanuddin yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program studi bahasa Arab Universitas Hasanuddin selalu mengikuti perkembangan teknologi pembelajaran dalam jaringan dan teknologi pembelajaran jarak jauh. Mode kedua jenis pendekatan pembelajaran ini berbeda. Mode pembelajaran bahasa Arab dalam jaringan memiliki ciri yaitu materi pembelajaran dan penugasan disiapkan pada media learning management system (LMS atau Sikola) dan tatap muka dilakukan dalam kelas. Sedangkan mode pembelajaran jarak jauh materi pembelajaran dan penugasan disiapkan pada media learning management system (LMS atau Sikola) tetapi tetap muka dilaksanakan terkadang dalam kelas dan lebih banyak dilakukan dalam jaringan melalui video konferensi. Selain itu, perkembangan media teknologi pembelajaran senantiasa diikuti oleh sivitas akademika program studi bahasa Arab Universitas Hasanuddin, misalnya perubahan platform LMS menjadi Sikola. Kesiapan menghadapi perubahan teknologi pembelajaran selalu diperhatikan program studi bahasa Arab Universitas Hasanuddin.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

naa

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Officially Nady al-Adab: Jurnal Nady al-Adab has partnered with Ittihad Mudarrisii al-Lughah al-'Arabiyyah (IMLA). In each upcoming issue, the manager of the Nadi al-Adab journal is committed to prioritizing articles that discuss language, literature, art and culture studies in an Arabic ...