cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Nady al-Adab
Published by Universitas Hasanuddin
ISSN : 16938135     EISSN : 26864231     DOI : -
Officially Nady al-Adab: Jurnal Nady al-Adab has partnered with Ittihad Mudarrisii al-Lughah al-'Arabiyyah (IMLA). In each upcoming issue, the manager of the Nadi al-Adab journal is committed to prioritizing articles that discuss language, literature, art and culture studies in an Arabic perspective.
Arjuna Subject : -
Articles 112 Documents
TEORI KENABIAN AL-FARABI Haeruddin, Haeruddin
Jurnal Elektronik Nady Al-Adab Vol 4, No 2 (2006)
Publisher : UNIVERSITAS HASANUDDIN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

يعالج هذ البحث النظريات عن النبوّة الفرابى.وهو الرجل الأول الذى ألّف كتابا كاملا وفيا عن الوضوع ولاسيما يعايش ابن الروندى و الرازى يعتمد على المبادىء لسكولوجية وما وراء الطبيعة و الأخلاقية
KONSEP POLITIK DALAM AL-QUR’AN Haeruddin Haeruddin
Nady Al-Adab : Jurnal Bahasa Arab Vol. 3 No. 2 (2005): Nady al-Adab
Publisher : Hasanuddin University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20956/jna.v3i2.3881

Abstract

يعالج هذا البحث عن معنى السياسية الموجودة فى القرآن الكريم. فى هذه البحث نأحذ ونختارثم نفسر بعد الآيآت القرآنية المقترن بها. بقصد هذه البحث أن نعرف من جهة القرآنية عن معنى السياسية كمراجع الصحيحة جانب مراجع الغربية لأن كثير من أهل السياسية لما يفهم أن القرآن فيه أساس السياسية.
منهج تدريس الكلام في اللغة العربية Faridah Rahman
Nady Al-Adab : Jurnal Bahasa Arab Vol. 5 No. 2 (2008): Nady al-Adab
Publisher : Hasanuddin University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20956/jna.v5i2.3863

Abstract

Makalah   ini  menginformasikan  tentang  Pengajaran  Keterampilan  Berbicara  dalam  Bahasa  Arab  pada  semua  tingkatan  sekolah.  Secara  jelas diakui bahwa  keterampilan   menyimak  (الاستماع)     menempati  urutan  awal  menurut   prioritas, disusul oleh keterampilan berbicara  (    الكـلام /   المحادثة ) , kemudian membaca (القـراءة  )   dan terakhir  menulis  (الكتــابة) . Makalah  ini  juga  menginformasikan  sistimatika  pelaksanaan  pengajaran  keterampilan  berbicara  dalam bahasa Arab  yang  diawali  pemilihan/ pengorganisasian  materi, jenis-jenis kegiatan  komunikatif,  pre-teaching Plan (Rencana  Penyajian  Materi),  Demonstration /  mendemonstrasikan  percakapan  dan  Role  Plays  / main peran yaitu   menulis  naskah yang dikerjakan  secara  berkelompok baik  yang  dipersiapkan  dalam   kelas   maupun  di luar  kelas   (di luar jam  kuliah),   seterusnya   secara   bergilir   diminta  memainperankan  tugasnya  di depan kelas. Informasi  pada  makalah ini  diharapkan  dapat  menjadi  bahan  perbandingan  terhadap  apa  yang  telah   dilaksanakan  atau  sementara  dilaksanakan  pada  pengajaran   keterampilan  berbicara   dalam   bahasa    Arab.
Penerapan Metode Kolaboratif dalam Pembelajaran Tahqiq An-Nusus di Jurusan Sastra Asia Barat Fakultas Sastra Unhas SITTI WAHIDAH MASNANI
Nady Al-Adab : Jurnal Bahasa Arab Vol. 13 No. 1 (2016): Nady al-Adab
Publisher : Hasanuddin University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20956/jna.v13i1.3838

Abstract

Secara umum analisis kontrastif merupakan suatu kaedah yang digunakan untuk membandingkan dua bahasa yang tidak serumpun dari segi fonologi, morfologi, sintaksis dan semantik secara saintifik. Antara empat aspek tersebut, aspek sintaksis yang akan menjadi bidang kajian dalam makalah ini, disamping aspek-aspek lain yang tidak kalah pentingnya bagi melengkapi kajian ini. Makalah ini menginformasikan ciri khas tata bahasa Arab yang tidak terdapat dalam bahasa Indonesia, seperti al-i’rab, al-jins al-lughawy (gender), al-‘adad, al-zaman dan penggunaannya dalam bahasa Arab serta membandingkannya dalam bahasa Indonesia. al-jins al-lughawy (gender) atau jenis kata adalah sebuah subkategori gramatikal dari kategori gramatikal seperti nomina, pronomina, ajektiva, yang mampu membedakan jenis kelamin. Secara formal, bahasa Arab mengenal dua macam gender, yaitu jenis lai-laki yang disebut dengan Mudzakkar dan jenis perempuan yang disebut dengan Mu’annas. Mu’annas dapat dibedakan antara Mu’annas Lafzy dengan Mu’annas Ma’nawy dan Mu’annas Haqyqy dengan Mu’annas Majazy. Antara kata yang bergender Muzakkar dengan yang bergender Mu’annas pada bentuk singularnya dibedakan dengan penanda antara lain ة/ــة (ta’ marbutah). Sedangkan dalam bahasa Indonesia penanda itu tidak ada, kecuali dengan menambah kata “lelaki” dengan “perempuan” bagi kata yang berakal; dan kata “jantan” dengan “betina” bagi kata yang tidak berakal. Dalam makalah ini dikemukakan pula bahwa dalam kalimat bahasa Arab,terjadi penyesuaian gender antara mubtada’ (subjek) dan Khabarnya (predikat), antara fi’l (kata kerja) dan fa’ilnya (pelaku). Hasil kajian menunjukka gender dalam bahasa Arab dan bahasa Indonesia mempunyai persamaan dan perbedaan. Ada 2 buah titik persamaan, sedangkan perbedaannya terdapat 4 buah.  
أدوات الاستفهام و استعمالها فى سورة آل عمران Haeruddin Haeruddin
Nady Al-Adab : Jurnal Bahasa Arab Vol. 3 No. 1 (2005): Nady al-Adab
Publisher : Hasanuddin University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20956/jna.v3i1.3823

Abstract

Analisis berikut membahas tentang bentuk-bentuk adawa:t al-Istifha:m (kata Tanya) yang digunakan dalam Surat Ali-Imran. Dalam penelitian ini dijelaskan tentang penggunaan bentuk-bentuk adawa:t al-Istifha:m (kata Tanya) serta perubahan maknanya.. Dengan adanya tulisan kita dapat mengetahui bentuk bentuk penggunaan serta makna-makna lain setiap adawa:t al-Istifha:m (kata tanya), yang mungkin selama ini banyak di antara kita belum mengetahuinya. Hasil dari penelitian ini membuktikan banyaknya serta variatifnya makna adawa:t al-Istifha:m (kata tanya) dalam Surat Ali-Imran. Tinjauan yang digunakan dalam penelitian ini adalah tinjauan sintaksis yang menjelaskan fungsi serta sintaksis dari setiap adawa:t al-Istifha:m (kata Tanya) yang digunakan dalam Surat Ali Imran.    
Karakteristik Sastra Arab pada Masa Pra-Islam Haeruddin Haeruddin
Nady Al-Adab : Jurnal Bahasa Arab Vol. 13 No. 1 (2016): Nady al-Adab
Publisher : Hasanuddin University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20956/jna.v13i1.3231

Abstract

It cannot be denied that Arab people own abundant types of culture. One of those types is literature work which was well known by the people from their ancient time. Many common people, however, do not know but faculty members from Arabic Study Program. According to this situation, an effort of more introductions to public regarding the issue is needed. The paper contains important information of the characteristics of Arabic literatures in the era of jahiliyyah (Pre-Islam), such as its background and social life of Arab people in the era. In addition, the paper also contains main issues relating to the themes in the literatures as well as factors influencing Arabic literatures development in the era.
تأثر اللغة الملايوية باللغة العربيةقراءة في الأسباب والنتائج Muhammad Shalih Mahjub Al-Tinggary
Nady Al-Adab : Jurnal Bahasa Arab Vol. 5 No. 1 (2008): Nady al-Adab
Publisher : Hasanuddin University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20956/jna.v5i1.3857

Abstract

Makalah ini bertujuan mengungkap pengaruah Bahasa Arab terhadap Bahasa Melayu setelah Islam masuk ke tanah Melayu. Dengan masuknya Islam di kawasan ini banyak terjadi perubahan yang mendasar dalam berbagai aspek kehidupan bangsa Melayu, baik dalam kehidupan keagamaan maupun dalam kehidupan sosial dan Budayanya. Islam dan Bahasa Arab memainkan peranan yang penting sehingga mampu mengalihkan bahasa Melayu dari bahasa Lisan menjadi bahasa tulisan melalui penggunaan huruf Arab (tulisan Arab-Melayu) dengan demikian bahasa Melayu dapat menyerap sekitar 1000 kosakata Bahasa Arab. Hal ini dapat dilihat di beberapa aspek kehidupan khususnya pada aspek keagamaan. Adapun dalam bidang Sastra, para Sastrawan Melayu dapat mentransper berbagai ide dan prinsip yang dibawa ajaran Islam melalui terjemahan karya Sastra Arab dalam bentuk kisah-kisah dan hikayat-hikayat. Di samping itu, ada juga melalui karya sastra melayu yang sudah ada sebelum Islam dengan corak keislamnnya. Hal yang sama terjadi juga pada peribahasa-peribahasa Melayu yang menyerap spirit keislaman.       
من الأخطاء اللغوية العامة Andi Abdul Hamzah
Nady Al-Adab : Jurnal Bahasa Arab Vol. 3 No. 2 (2005): Nady al-Adab
Publisher : Hasanuddin University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20956/jna.v3i2.3828

Abstract

Kesalahan-kesalahan pengunaan kata atau ungkapan dalam bahasa Arab dapat merusak makna bahasa itu sendiri, yang pada giliran selanjutnya akan memberikan pemahaman yang keliru, baik bagi pembicara maupun pendengar. Kesalahan-kesalahan tersebut dapat terjadi dengan sengaja ataupun tidak sengaja, karena tidak mengetahui kaidah bahasa Arab, seperti:  penyebutan nama bulan hijriyah yang tidak tepat, pengunaan ungkapan ‘pintu tertutup’ dengan menggunakan kalimat al-b±b maqf­l, penggunaan ungkapan ‘mengganti sesuatu yang lama dengan yang baru’  dengan ungkpan baddala bi …,  penggunaan kalimat ‘seyogyanya/sewajarnya kamu’ …dengan ungkapan yanbagh³ ‘alayka …,  pengunaan   ungkapan ‘sudah harus hadir’ dengan “taw±jad”, penggunan ungkapan ‘kamu tidak semestinya …’ dengan kalimat “l± yajibu alla …” Sesungguhnya bahasa Arab jika diteliti dan dikaji secara mendalam, maka diketahui dengan yakin bahwa ia sangat sempurna dan kaya akan kosa kata dan cara pengungkapan dengan benar.
تعليم اللغة العربية على طريقة القواعد الميسرة Danial Jalaluddin
Nady Al-Adab : Jurnal Bahasa Arab Vol. 5 No. 2 (2008): Nady al-Adab
Publisher : Hasanuddin University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20956/jna.v5i2.3864

Abstract

Perkembangan pengajaran bahasa Arab sangat dipengaruhi oleh merode pembelajaran. Berbagai metode pengajran bahasa Arab telah ditempuh oleh para praktisi sejak penyebaran Islam. Salah satu metode yang diajukan dalam artikel ini adalah (). Metode ini diharapkan dapat memperkaya khasanah metode pengajaran bahasa Arab
Keutamaan Teknik Pendekatan Neurolinguistic Programming Dalam Proses Pembelajaran (Sebuah Konsep Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Bagi Mahasiswa Belajar Pemula) Nur Taqwa Amin
Nady Al-Adab : Jurnal Bahasa Arab Vol. 13 No. 1 (2016): Nady al-Adab
Publisher : Hasanuddin University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20956/jna.v13i1.3839

Abstract

NLP adalah singkatan dari Neuro Linguistik Programming. Neurolinguistik  merupakan bidang ilmu Linguistik interdisipliner yang tercakup dalam bidang makrolinguistik, yaitu lahir dari dua bidang ilmu yang bekerjasama, yakni Neurologi dan Linguistik. Objek kajian Neurologi adalah anatomi otak manusia (susunan saraf otak) manusia. Adapun objek kajian Linguistik adalah bahasa. Bahasa bersumber dari pikiran dan pikiran dapat mempengaruhi bahasa, oleh karenanya melahirkan fenomena kebahasaan yang berdampak pada sikap dan perilaku positif atau negatif, khususnya terhadap pembelajaran bahasa Arab bagi mahasiswa belajar pemula. NLP dapat menghilangkan rasa cemas, rasa takut, rasa malas, dan segala mentalblok yang ada dalam diri manusia, yang kemudian dapat menciptakan dan membangun suasana kondusif, tercipta rasa senang, positif dan nyaman dalam belajar bahasa Arab, terutama terhadap mahasiswa yang baru pertama kali belajar bahasa Arab

Page 1 of 12 | Total Record : 112