Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh (1) Tingkat kompetensi, (2) Budaya organisasi, (3) Tingkat kompetensi dan budaya organisasi secara simultan terhadap kinerja tenaga pendidik SMPIT Pesantren Al Binaa. Penelitian ini dilaksanakan di SMPIT Pesantren Al Binaa di Jalan Raya Pebayuran Desa Kertasari, Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi Propinsi Jawa Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah santri SMPIT Pesantren Al Binaa, yang terdiri dari; kelas 7 sebanyak: 197 santri, kelas 8 sebanyak: 189 santri, kelas 9 sebanyak: 179 santri, jumlah total: 595 santri. Teknik pengambilan sampel yang digunakan menggunakan rumus Slovin dengan taraf kesalahan 10%, sehingga jumlah total sampel sebanyak 195 santri / responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas, kemudian dianalisis dengan uji regresi sederhana dan uji hipotesis, dengan membandingkan nilai t tabel dengan t hitung dan membandingkan antara f tabel dengan f hitung. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Tingkat kompetensi memiliki hubungan positif yang cukup dengan kinerja tenaga pendidik yaitu sebesar 0,398 dan memiliki pengaruh yang lemah terhadap kinerja tenaga pendidik sebesar 15,8%. Hasil hipotesa uji t hitung (6,018) > t table (1,286) yang berarti hipotesis H1 dapat diterima. (2) Budaya organisasi memiliki hubungan positif yang cukup dengan kinerja tenaga pendidik yaitu sebesar 0,417, dan memiliki pengaruh yang lemah terhadap kinerja tenaga pendidik sebesar 17,4%. Hasil hipotesa uji t hitung (6,370) > t table (1,286) yang berarti hipotesis H2 dapat diterima. (3) Tingkat kompetensi dan budaya organisasi berpengaruh secara simultan terhadap kinerja tenaga pendidik sebesar 24,5%. Hasil hipotesa uji f hitung (31,096) > f table (2,690) yang berarti hipotesis H3 dapat diterima. Kata kunci: tingkat kompetensi, budaya organisasi, kinerja tenaga pendidik.
Copyrights © 2017