Science Map Journal
Vol 1 No 1 (2019): Science Map Journal

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DIPADUKAN DENGAN SEPAK BOLA VERBAL UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KONSEP SISTEM PERNAPASAN KELAS XI IPA SMA NEGERI 4 AMBON

Prelly M J Tuapattinaya (Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pattimura)
Fania F Sernarsak (Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pattimura)
Kristin Sangur (Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pattimura)



Article Info

Publish Date
14 May 2019

Abstract

Pemilihan strategi dan model pembelajaran yang tepat dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran dapat mengoptimalkan proses belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa SMA Negeri 4 Ambon tentang konsep sistem pernapasan melalui pernerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dipadukan dengan sepak bola verbal. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA2 SMA Negeri 4 Ambon yang diambil secara random sampling. Penelitian dilakukan pada 31 Januari - 28 Februari 2017 menggunakan metode deskriptif. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan model pembelajaran TPS dipadukan dengan sepak bola verbal mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dengan sangat baik

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

sciencemap

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Physics Social Sciences

Description

Science Map Journal (Scie Map J) merupakan peer-review journal yang diterbitkan dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan November oleh Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pattimura, Ambon. Scie Map J menerbitkan artikel ...