Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia
Vol 18, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia

KARAKTERISTIK BUTIR SOAL TRY OUT TEORI KEJURUAN AKUNTANSI SMK BERDASARKAN TEORI TES KLASIK DAN TEORI RESPONS BUTIR

Dian Normalitasari Purnama (Universitas Negeri Yogyakarta)
Fitri Alfarisa (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik butir soal tes Try Out Teori Kejuruan Akuntansi. Karakteristik butir soal yang dilihat meliputi karakteristik butir kualitatif yaitu aspek materi, konstruksi, bahasa dan secara karakteristik butir kuantitatif yaitu tingkat kesukaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif. Subjek penelitian adalah siswa Kelas XII SMK Jurusan Akuntansi di Sleman. Objek penelitian berupa respons jawaban tes sebanyak 300. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dengan instrumen penelitian berupa soal tes sebanyak 40 butir. Teknik analisis data untuk melihat karakteristik kualitatif dilakukan dengan telaah butir oleh expert judgement sedangkan karakteristik soal kuantitatif menggunakan pendekatan Teori Tes Klasik dan Teori Respons Butir Model 1 Parameter Logistik. Analisis butir soal dilakukan menggunakan program QUEST. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) karakteristik soal kualitatif secara umum tergolong baik. Pada aspek materi terdapat 92,5% soal yang baik, aspek konstruksi dan bahasa 100% soal baik. (2) karakteristik soal kuantitatif berdasarkan pendekatan teori tes klasik memiliki tingkat kesukaran kategori sangat mudah = 7,5%, mudah = 25%, sedang = 67,5% sukar dan sangat sukar = 0%. (3) karakteristik soal kuantitatif berdasarkan pendekatan teori respons butir memiliki tingkat kesukaran kategori sangat mudah = 7,5%, mudah = 15%, sedang = 60%, sukar = 17,5% dan sangat sukar = 0%.Kata Kunci: karakteristik butir soal, akuntansi, teori tes klasik, teori respons butir.

Copyrights © 2020