E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana
Vol 9 No 6 (2020)

KEPUASAN KERJA MEMEDIASI PENGARUH STRES KERJA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL PADA KARYAWAN THE GRAND SANTHI HOTEL

Anak Agung Sagung Intan Permatasari (Universitas Udayana)
Agoes Ganesha Rahyuda (Universitas Udayana)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2020

Abstract

Komitmen organisasional adalah suatu sikap atau keinginan kuat dari karyawan untuk tetap menjadi anggota dalam organisasi tertentu dan kesediaan bekerja keras demi tercapainya tujuan dan kelangsungan organisasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh stres kerja terhadap komitmen organisasional dan kepuasan kerja, pengaruh kepuasan kerja terhadap komitmen organisasional, serta peran kepuasan kerja dalam memediasi pengaruh stres kerja terhadap komitmen organisasional. Penelitian dilakukan di The Grand Santhi Hote denganl 50 sampel, menggunakan sampling jenuh. Data dianalisis menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan stres kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap komitmen organisasional, stres kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organiasional, serta kepuasan kerja mampu memediasi stres kerja terhadap komitmen organisasional. Perusahaan perlu memperhatikan beban kerja dan kapasitas kerja karyawannya sehingga dapat mengurangi stres kerja dan melakukan evaluasi terhadap gaji yang diberikan kepada karyawan agar sesuai dengan beban pekerjaannya sehingga dapat meningkatkan komitmen organisasinya. Kata kunci: Komitmen Organisasional, Stres Kerja, Kepuasan Kerja.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Manajemen

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

E-Jurnal Manajemen (ISSN 2302-8912) aims to serve as a medium of information and exchange of scientific articles between teaching staff, alumni, students, practitioners and observers of science in accounting and business. E-Jurnal Manajemen editor receives scientific articles business strategy and ...