ANTHROPOS: JURNAL ANTROPOLOGI SOSIAL DAN BUDAYA (JOURNAL OF SOCIAL AND CULTURAL ANTHROPOLOGY)
Vol 4, No 1 (2018): Anthropos

Analisis Strategi Pengembangan Kawasan Pariwisata di Kabupaten Nias.

Elielsen Lase (Program Studi Magister Studi Pembangunan, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara, Indonesia)
Marlon Sihombing (Program Studi Magister Studi Pembangunan, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara, Indonesia)
Husni Thamrin (Program Studi Magister Studi Pembangunan, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara, Indonesia)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2018

Abstract

Kabupaten Nias sebagai salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Sumatera Utara memiliki berbagai ragam sumber daya alam dan budaya sebagai objek dan daya tarik wisata. Objek wisata dan daya tarik wisata yang ada tersebar hampir di semua kecamatan. Salah satu alternatif pengembangan objek wisata dan dapat dijadikan pilihan para wisatawan sebagai daerah tujuan wisata untuk dinikmati khususnya di Kabupaten Nias. Pada penelitian ini menggunakan analisis teori SWOT dalam menganalisis strategi yang digunakan untuk mengembangkan kawasan Wisata SOZIONA Kabupaten Nias. Selain itu penelitian ini juga menggunakan beberapa konsep diantaranya konsep pengembangan pariwisat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitis. Dimana tujuannya agar penelitian ini bisa dilakukan secara mendalam dan lebih luas untuk dibahas oleh peneliti. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Dalam menjalankan strategi pengembangannya Dinas Pariwisata Kabupaten Nias memiliki faktor pendorong dan penghambat. Untuk faktor pendorong didukung oleh letak geografis SOZIONA yang sangat strategis dan indah, selain itu juga kondisi kebudayaan Kabupaten Nias yang unik sehingga menarik minat wisatawan. Untuk faktor penghambat sendiri adalah kondisi ekonomi, Dinas Parisiwata masih terus melakukan kerjasama dengan beberapa pihak untuk memperoleh dana yang cukup besar untuk membangun kawasan SOZIONA (Somi-Bozihona-Onolimbu-Nalawo).

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

antrophos

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial dan Budaya(Journal of Social and Cultural Anthropology) is a Journal of Social and Cultural Anthropology for information and communication resources for academics, and observers of Social and Cultural Anthropology, Educational Social and Cultural ...