Phi : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapan
Vol 1, No 1 (2020)

RANCANG BANGUN GAME EDUKATIF “MUSLIMAH ADVENTURE” SEBAGAI MEDIA DAKWAH MEMANFAATKAN APLIKASI SCRATCH 2.0

Khairan AR (Pendidikan Teknologi Informasi, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry)
Resi Rizki Nanda (Pendidikan Teknologi Informasi)
Andika Prajana (Teknologi Informasi)
Mulyadi Abdul Wahid (Teknik Lingkungan)



Article Info

Publish Date
04 Mar 2020

Abstract

Penelitian dengan tajuk musliman adventure ini, dilakukan untuk membuat game dengan tema petualangan bagi muslimah menggunakan aplikasi scratch 2.0 dengan metode Riset and Development (R&D) dengan tahapan pengembangan game adalah: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan pengujian. Selain itu, untuk memastikan bahwa game yang dirancang sesuai dengan yang diharapkan, penulis melakukan pengujian kelayakan serta penerimaan game oleh ahli media dan mahasiswa.  Berdasarkan hasil analisis, diperoleh hasil kelayakan materi sebesar 4.24 dengan kategori sangat layak. Sedangkan ahli media memberikan penilaian sebesar 4.33 dengan kategori sangat layak. Adapun angket yang disebarkan pada mahasiswi, diperoleh skor rata-rata 4.07 dengan prediket baik. Didasarkan pada hasil pengujian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa game dengan tema muslimah advanture ini layak untuk dijadikan media dakwah bagi mahasiswi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jurnalphi

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Physics Other

Description

Jurnal Phi teregistrasi dengan ISSN : 2549-7162 (daring) dan ISSN : 2460-4348 (cetak) adalah jurnal yang mempublikasikan hasil-hasil riset dalam lingkung fisika dan pendidikan fisika yang berdampak pada pengetahuan dan teknologi. Kami tidak menerima tulisan yang masih berupa hasil pendahuluan atau ...