Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Vol 19, No 2 (2019)

PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN DESAIN PRODUK MELALUI METODE DRILL DENGAN STRATEGI MENGGUNAKAN AMPLOP

Sumaryati, Sumaryati (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 May 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode drill dengan strategi menggunakan amplop dapat meningkatkan minat belajar desain produk bagi peserta didik  kelas X Kriya Tekstil 1 SMK Negeri 2 Adiwerna Kabupaten Tegal semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian tindakan kelas ini dirancang menggunakan 2 siklus. Data diambil dari hasil tes dan observasi. Hasil belajar menunjukkan minat belajar desain produk  dengan metode drill dengan strategi menggunakan amplop mengalami peningkatan, dari kondisi awal prosentase jumlah peserta didik yang tuntas (telah memenuhi KKM) sebesar 57,58 % meningkat pada Siklus I yang tuntas belajar 75,76 % dan pada kondisi akhir siklus II menjadi 84,85  %. Perubahan perilaku siswa lebih aktf dan termotivasi serta terjadi peningkatan minat dalam mengikuti pelajaran.

Copyrights © 2019