JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN SOSIAL HUMANIORA
Vol. 5 No. 1 (2020): JP2SH

PENINGKATAN KEAKTIFAN MAHASISWA PENDIDIKAN SEJARAH DALAM MATA KULIAH STUDI OBSERVASI MELALUI KEGIATAN LESSON STUDY

Sigit Widiatmoko, Siska Nurazizah Lestari, Nara Setya Wiratama (Universitas Nusantara PGRI Kediri)



Article Info

Publish Date
20 May 2020

Abstract

Kegiatan observasi ini merupakan aktivitas mengawasi, dilanjutkan dengan memahami pengetahuan dari suatu fenomena berdasarkan pengetahuan yang telah diketahui sebelumnya untuk memperoleh informasi yang diperlukan. Kegiatan tersebut dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa di dalam maupun di luar kelas, terutama melalui Lesson Study yang mengharuskan mahasiswa aktif dan tertantang dalam mengeksplor hal-hal yang dipelajari. Kegiatan Lesson Studi ini juga dilakukan pada Mahasiswa Pendidikan Sejarah Universitas Nusantara PGRI Kediri, yang melibatkan tiga dosen, satu dosen sebagai model, sedangkan dua sebagai observer. Ada tiga tahap dalam pelaksanaan Lesson Study yaitu Plan, Do, dan See. Adapun hasil akhir yang diperoleh melalui kegiatan tersebut ialah: 1) Meningkatnya keaktifan mahasiswa dalam memahami materi pembelajaran, 2) terciptanya suasana pembelajaran menjadi lebih hidup, 3) mahasiswa terdorong untuk bekerjasama sehingga meningkatkan keakraban antar mahasiswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kegiatan belajar mengajar melalui Lesson Study telah berdampak positif terhadap peningkatan aktifitas mahasiswa dalam mata kuliah Studi Observasi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JP2SH

Publisher

Subject

Religion Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

urnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora (JP2SH) adalah jurnal yang menggunakan model blind review yang dapat diakses online. Tujuan dari JP2SH adalah untuk menerbitkan jurnal yang berisi artikel berkualitas yang akan dapat menyumbangkan pemikiran dari perspektif teoritis dan empiris untuk ...