Jurnal Ners Widya Husada
Vol 7, No 1 (2020): MARET

Study Deskriptif Sikap Menolong pada Siswa yang Mengalami Sinkop

Setianingsih, Setianingsih (Unknown)
Faizah, Maulida Nurul (Unknown)
Darwati, Lestari Eko (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Apr 2020

Abstract

Sinkop merupakan penyakit yang umum terjadi di masyarakat, sekitar 20% orang pernah mengalami sedikitnya sekali sinkop dalam hidupnya. Sinkop dapat terjadi pada siapa saja dan kapan saja, salah satunya siswa sekolah. Dampak sinkop jika tidak segera dilakukan pertolongan akan terjadi penurunan sirkulasi meliputi kondisi shock dan gangguan sirkulasi sehingga siswa akan ketinggalan pelajaran. Sebagian siswa hanya menonton saat siswa lain mengalami sinkop.  Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi sikap siswa dalam memberikan pertolongan pada siswa lain yang mengalami sinkop. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Weleri pada 242 responden (siswa yang tidak mengalami sinkop). Desain penelitian ini menggunakan deskriptif observasional menggunakan kuesioner sikap menolong pada siswa sinkop. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sikap siswa dalam menolong siswa lain yang mengalami sinkop mayoritas dalam menolong (62%) baik dari segi interpretasi situasi maupun pengambilan keputusan menolong. Diharapkan adanya perubahan sikap menjadi penolong yang dimulai dengan kesadaran dari diri siswa untuk memberikan pertolongan pada orang lain yang membutuhkan pertolongan dengan cara tidak panik, tenang, tidak takut, menolong dengan segera, tidak terburu-buru memindahkan siswa sinkop dan memindahkan ke tempat yang aman. Kata kunci: sikap, menolong, sinkop DESCRIPTIVE STUDY ATTITUDE OF HELPING STUDENTSWHO EXPRERIENCE SYNCOPEABSTRACTSyncope is a common disease in society, about 20% of people have experienced at least one syncope in their lives. Syncope can occur to anyone and anytime, one of them is a school student. The impact of syncope if not done immediately will help decrease circulation including shock and circulation disorders so that students will miss the lesson. Some students only watch when other students experience syncope. This research was conducted to identify the attitude of students in providing help to other students who experience syncope. This research was conducted at SMA Negeri 1 Weleri on 242 respondents (students who did not experience syncope). The design of this study used an observational descriptive using a helpful attitude questionnaire on syncope students. The results showed that the attitude of students in helping other students who experienced the majority of syncope in helping (62%) both in terms of situation interpretation and decision making helped. It is expected that a change in attitude to helping begins with the awareness of students to provide help to others who need help by not panicking, calm, not afraid, helping immediately, not in a hurry to move students in syncope and move to a safe place. Keywords: attitude, helping, syncope 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jners

Publisher

Subject

Education Health Professions Nursing Public Health

Description

Jurnal ini berisi naskah ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi S1 Ilmu Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Widya Husada Semarang, pada frekwensi 3 kali dalam ...