Majalah Ilmiah Dian Ilmu
Vol 11, No 1 (2011): MAJALAH ILMIAH "DIAN ILMU" OKTOBER 2011

KUALITAS PELAYANAN PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (PNPM) MANDIRI HUBUNGANNYA DENGAN KEPUASAN MASYARAKAT DI KECAMATAN PANTI KABUPATEN JEMBER

Soekirman Soekirman (Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Pembangunan Jember)



Article Info

Publish Date
16 Feb 2018

Abstract

Kegiatan PNPM Mandiri pada hakekatnya memiliki dua dimensi, yaitu: (1) memberikan wewenang dan kepercayaan kepada masyarakat untuk menentukan sendiri kebutuhannya, merencanakan dan mengambil keputusan secara terbuka dan penuh tanggung jawab, (2) menyediakan dukungan lingkungan yang kondusif untuk mewujudkan peran masyarakat dalam pembangunan, khususnya dalam upaya peningkatan kesejahteraan mereka. Sehingga peranannya yang cukup signifikan selama ini, maka PNPM Mandiri mendapat perhatian dan sorotan lebih dari masyarakat luas terkait programnya yang langsung menyentuh masyarakat bawah.Rumusan  masalah penelitian ini adalah adakah hubungan yang positif dan signifikan antara kualitas pelayanan PNPM Mandiri dengan kepuasan masyarakat desa di  Kecamatan Panti Kabupaten Jember. Selanjutnya penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan hubungan antara kualitas pelayanan PNPM Mandiri  secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta terhadap tingkat kepuasan masyarakat desa di  Kecamatan Panti Kabupaten Jember. Populasinya adalah seluruh penduduk yang ada di  desa-desa di Kecamatan Panti Kabupaten Jember,  sedangkan sampel yang diambil adalah sebanyak 47 (empat tujuh) Kepala Keluarga. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner, yang disusun dengan modifikasi dalam skala likert dengan 5 (lima) kategori, untuk jawaban a diberi kreteria sangat baik dengan nilai 5 (lima), untuk jawaban e diberi kreteria sangat buruk dengan nilai 1 (satu). Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis Korelasi Product Moment Karl Pearson. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Variabel kualitas pelayanan PNPM Mandiri (X) dengan kepuasan masyarakat (Y) desa di Kecamatan Panti Kabupaten Jember. Hal ini menunjukan bahwa Kegiatan PNPM Mandiri belum mampu menyentuh masyarakat bawah secara langsung sehingga tidak terlalu terjadi interaksi antara pelaksana PNPM Mandiri dengan masyarakat.

Copyrights © 2011






Journal Info

Abbrev

dianilmu

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Environmental Science Social Sciences

Description

The "DIAN ILMU" Scientific Magazine is a journal that publishes the results of empirical research that is updated with up-to-date references and contributes to the development of scientific fields in Business Administration and Public Administration. The Editorial Team invited the writings of ...