Jurnal Ilmiah Kesehatan Rustida
Vol 4 No 1 (2017): Juli

Ungkapan Psikologis Pasien Diabetes Mellitus terhadap “Health Seeking Behaviour” ke Rumah Sakit

Endiki Surya Wira Pratama (Program Studi Magister Manajemen Rumah Sakit Fakultas Kedokteran, Universitas Brawijaya Malang)
Achmad Rudijanto (Program Studi Magister Manajemen Rumah Sakit Fakultas Kedokteran, Universitas Brawijaya Malang)
Tita Hariyanti (Program Studi Magister Manajemen Rumah Sakit Fakultas Kedokteran, Universitas Brawijaya Malang)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2017

Abstract

Pasien diabates mellitus (DM) merupakan suatu keadaan yang mengalami kenaikan kadar gula dalam darah. Pasien DM sering melakukan kontrol berulang, sehingga mempunyai pengalaman dan persepsi yang dirasakannya selama perawatan di poli rawat jalan. Instalasi rawat jalan di Rumah Sakit merupakan langkah utama dalam upaya pelayan kesehatan. Tiap tahun pelayanan poli rawat jalan mengalami peningkatan. Dalam upaya mewujudkan mutu pelayanan rawat jalan, manajemen poli harus bisa memahami psikologis pasien dan menerapkan standar prosedur operasional (SPO) yang baik. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Informan yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas lima informan, yaitu tiga laki-laki dan dua perempuan. Metode yang digunakan yaitu dengan melakukan wawancara secara mendalam kepada informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasien DM dengan psikologis yang berbeda ingin mendapatkan pelayanan yang maksimal. Selain itu, pasien juga ingin mendapatkan pelayanan yang menyenangkan tanpa sedikit keluhan. Keluhan yang dimaksud seperti antrian pendaftaran yang lama dan antrian pengambilan obat.Simpulan penelitian ini adalah merekomendasikan untuk dilakukan pengawasan pelayanan secara berskala mulai dari pendaftaran sampai pasien pulang. Hal ini akan menyebabkan kemaksimalan kepuasan pelayanan.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jikr

Publisher

Subject

Humanities Education Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

Jurnal Ilmiah Kesehatan Rustida is an open access journal with contents scope of nursing, education, humanities, medicine & pharmacology, public ...