Jurnal Ilmiah Kesehatan Rustida
Vol 6 No 1 (2019): Januari

Peningkatan Efektifitas dan Efisiensi Perbekalan Farmasi di Instalasi Kamar Operasi RSIG

Anggi Gilang Yudiansyah (Program Studi Magister Manajemen Rumah Sakit Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya, Malang)
Navis Yuliansyah (RSIG (Rumah Sakit Islam Gondanglegi))
Achmad Zani Pitoyo (Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2019

Abstract

Ruang operasi merupakan tempat yang memiliki peranan yang sangat krusial di Rumah Sakit dan harus dikelola sebaik-baiknya, karena kegiatan operasi membutuhkan biaya perawatan, biaya operasi, dan biaya sumber daya yang tinggi. Ruang operasi menghabiskan biaya 9% dari anggaran tahunan rumah sakit. Pengeluaran terbesar di rumah sakit adalah untuk aktifitas ruang operasi, yaitu sekitar 40% dari 70% pengeluaran rumah sakit. Besarnya biaya operasi terjadi akibat banyaknya sumber daya yang digunakan untuk melaksanakan operasi meliputi staf, peralatan, obat-obatan, dan fasilitas. Maka rumah sakit harus melakukan efisiensi biaya agar dapat melakukan perbaikan terus menerus untuk bertahan. Perencanaan dan pengadaan perbekalan farmasi di Instalasi Kamar Operasi RSI G untuk memenuhi kebutuhan operasional belum dilakukan secara terstruktur, sehingga stok obat masih terkadang kekurangan. Masalah lain yang muncul adalah tidak terlayaninya beberapa obat yang diminta ke Instalasi Farmasi. Hal tersebut mendorong penulis untuk melakukan studi kasus untuk menganalisa faktor penyebab dan alternatif solusi masalah tersebut.Prioritas akar masalah diitentukan menggunakan fishbone diagram dengan melakukan Focus Group Discussion dengan instalasi terkait. Alternatif solusi dipilih berdasarkan hasil prioritas akar masalah dan penyusunan melalui studi literatur, data rumah sakit, serta diskusi dengan unit terkait. Prioritas akar masalah hasil analisa adalah belum adanya panduan perbekalan farmasi di Instansi Kamar Operasi (IKO). Alternatif solusinya adalah penyusunan panduan dan alur pelayanan.Maka butuh adanya sebuah Panduan Perbekalan Farmasi di Instalasi Kamar Operasi RSI G.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jikr

Publisher

Subject

Humanities Education Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

Jurnal Ilmiah Kesehatan Rustida is an open access journal with contents scope of nursing, education, humanities, medicine & pharmacology, public ...