Jurnal Informa: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Vol 5 No 1 (2019): Juni

PEMANFAATAN TEORI MANAJEMEN HUBUNGAN PELANGGAN (CRM) UNTUK PENINGKATAN STRATEGI PEMASARAN DI PERGURUAN TINGGI

Kanafi Kanafi (Universitas Amikom Yogyakarta)
Kusrini Kusrini (Universitas Amikom Yogyakarta)
Emha Taufiq Luthfi (Universitas Amikom Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2019

Abstract

Dengan semakin ketatnya persaingan antar perguruan tinggi baik negeri maupun swasta mengakibatkan setiap perguruan tinggi harus dapat mengelola institusinya secara professional dan berkualitas. Setiap Perguruan Tinggi melakukan berbagai upaya yang bertujuan menghadapi persaingan, guna mendapatkan pengakuan kualitas dari masyarakat dan pemerintah, baik di tingkat nasional maupun internasional. Kemenristekdikti telah memberikan tuntunan agar sebuah institusi pendidikan dapat memiliki mutu yang baik, diminati banyak calon mahasiswa, sampai dengan daya saing yang tinggi tertuang dalam standarisasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. STMIK Bina Patria merupakan perguruan tinggi yang jurusannya khusus dibidang teknologi informasi saat ini mempunyai beberapa fasilitas pelayanan sistem informasi diantaranya sistem informasi akademik, sistem informasi Website, sistem informasi perpustakaan, sistem informasi administrasi, sistem informasi Penerimaan Mahasiswa Baru dll. Namun saat ini di perguruan Tinggi ini belum diketahui model customer relationship dan belum pernah melakukan surve tentang tingkat kepuasan pelanggan terhadap layanan pendidikan yang mereka terima. Sehingga perlu dilakukannya surve tingkat kepuasan dengan pendekatan Customer Relationship Management menggunakan kerangka Service Quality, dan melalui uji validitas dengan metode Bivariate Pearson dan Uji Reliabilitas dengan metode Crobach Alpha. Hasil dari penelitian ini berupa rekomendasi strategi peningkatan pelayanan dan kepuasan pelanggan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

informa

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal INFORMA merupakan jurnal ilmiah bidang ilmu Komputer dan Informatika bersifat terbuka yang memuat tulisan hasil penelitian. Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi D3 Manajemen Informatika Politeknik Indonusa Surakarta. Jurnal akan terbit 2 kali dalam setahun, yakni pada bulan Juni dan ...