Dengan semakin ketatnya persaingan antar perguruan tinggi baik negeri maupun swasta mengakibatkan setiap perguruan tinggi harus dapat mengelola institusinya secara professional dan berkualitas. Setiap Perguruan Tinggi melakukan berbagai upaya yang bertujuan menghadapi persaingan, guna mendapatkan pengakuan kualitas dari masyarakat dan pemerintah, baik di tingkat nasional maupun internasional. Kemenristekdikti telah memberikan tuntunan agar sebuah institusi pendidikan dapat memiliki mutu yang baik, diminati banyak calon mahasiswa, sampai dengan daya saing yang tinggi tertuang dalam standarisasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. STMIK Bina Patria merupakan perguruan tinggi yang jurusannya khusus dibidang teknologi informasi saat ini mempunyai beberapa fasilitas pelayanan sistem informasi diantaranya sistem informasi akademik, sistem informasi Website, sistem informasi perpustakaan, sistem informasi administrasi, sistem informasi Penerimaan Mahasiswa Baru dll. Namun saat ini di perguruan Tinggi ini belum diketahui model customer relationship dan belum pernah melakukan surve tentang tingkat kepuasan pelanggan terhadap layanan pendidikan yang mereka terima. Sehingga perlu dilakukannya surve tingkat kepuasan dengan pendekatan Customer Relationship Management menggunakan kerangka Service Quality, dan melalui uji validitas dengan metode Bivariate Pearson dan Uji Reliabilitas dengan metode Crobach Alpha. Hasil dari penelitian ini berupa rekomendasi strategi peningkatan pelayanan dan kepuasan pelanggan.
Copyrights © 2019